‎10 Jus yang Dapat Membantu ‎Turunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan zat yang lunak seperti lilin yang terdapat dalam darah.

Konten482 Views

Channel Indonesia – Kolesterol merupakan zat yang lunak seperti lilin yang terdapat dalam darah. Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolesterol dalam darah tinggi atau berlebihan, maka bisa mengakibatkan berbahgai penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke.

Kolesterol tinggi merupakan salah satu hal yang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit.

Sebenarnya, kadar kolesterol normal dalam tubuh sangat penting untuk membantu memproduksi sejumlah hormon, vitamin D, serta asam empedu yang berfungsi mencegah lemak. Namun, kadar kolesterol tinggi dalam darah justru berbahaya karena berisiko menyumbat pembuluh darah. Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi adalah dengan  mengonsumsi beberapa jus penurun kolesterol. berikut ini sejumlah jus yang dapat membantu menurunkan kolesterol tingi.

Jus yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Jus Lemon

Tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, jus lemon juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Air lemon tinggi akan kandungan antioksidan dan pektin, yaitu serat larut yang dapat menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Terdapat kandungan d-limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida.

2. Jus Apel

Salah satu jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol adalah apel. Hal ini karena kandungan polifenol pada apel yang dapat menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat. Hal ini menyebabkan risiko pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah bisa diminimalkan

3. Jus Wortel

Kandungan kalium yang terdapat di dalam wortel juga dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Sedangkan serat dan antioksidannya sangat baik untuk mengikat kolesterol jahat (LDL) dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Oleh karena itu, jus wortel merupakan salah satu minuman yang sangat disarankan untuk penderita kolesterol tinggi.

4. Jus Pir

Buah pir dipercaya memiliki kandungan lemak, karbohidrat, zat besi, natrium, serat, protein, vitamin B3 Niacin, vitamin B2 Riboflavin, dan lainnya. Buah ini juga menyimpan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Kandungan-kandungan tersebut menjadikan buah pir untuk berfungsi dalam mengurangi kekakuan jaringan jantung, menurunkan kolesterol jahat LDL, dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Jenis serat yang terkandung di dalam buah yaitu pektin juga dapat mengikat kolesterol jahat serta mengangkutnya keluar dari dalam tubuh.

5. Jus Pisang

Jus pisang juga merupakan salah satu jus buah yang baik untuk menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan karena pisang mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Konsumsi serat bahkan dapat membantu menurunkan berat badan yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pula..

6. Jus Buah Delima

Buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi seperti magnesium, kalium, zinc, antioksidan polifenol, kalium, dan beberapa nutrisi lainnya. Bukan hanya buahnya yang mengandung banyak nutrisi, biji delima juga dipercaya kaya akan nutrisi seperti zat besi. Biji delima juga diyakini dapat meningkatkan kesuburan dan kekebalan tubuh.

Kandungan antioksidan dan serat yang ada di dalam buahnya dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Sebuah penelitian yang dilakukan secara meta analisis dalam jurnal Pharmacological Research menyebutkan,bahwa mengkonsumsi jus buah delima secara rutin, paling tidak 2-12 pekan, dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik.

7. Jus Kale

Jus ini tidak hanya cocok dijadikan hidangan pelengkap nasi, tetapi juga bisa diolah menjadi jus penurun kolesterol. Kale mengandung antioksidan karotenoid yang dapat berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas penyebab pengerasan pembuluh darah. Konsumsi jus kale secara rutin juga dapat membantu asam empedu mengikat kolesterol berlebih dan membuangnya dari tubuh.

8. Jus Anggur

Jus anggur memiliki antioksidan yang dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik sekaligus mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Konsumsi jus anggur secara teratur juga berkhasiat meminimalkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya yang kerap disebabkan kenaikan kadar kolesterol.

9. Jus Tomat

Tomat banyak mengandung senyawa likopen yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Riset menunjukkan bahwa, daripada dikonsumsi secara mentah begitu saja, tomat lebih baik dibuat jus untuk mendapat likopen yang lebih efektif.

10.  Jus Jambu Merah

Mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin selama kurang lebih 3 bulan ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu jus jambu merah juga dapat menurunkan lemak jahat hingga 50%.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *