Mudah, Begini Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp

Mungkin sebagai besar pengguna telah mengalami pengunduhan gagal di WhatsApp.  

Konten489 Views

Channel Indonesia – Mungkin sebagai besar pengguna telah mengalami pengunduhan gagal di WhatsApp.  Kendati demikian, solusi dari permasalahan tersebut cukup mudah untuk digunakan dengan menggunakan fitur bawaan ponsel atau WA, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

WhatsApp atau kerap di singkat  WA merupakan salah satu applikasi pesan yang terdapat di smartphone, wa sendiri menawarkan fitur yang canggih tidak hanya dapat berkomunikasi jarak jauh, wa juga dapat membuat seseorang mengirimkan gambar foto maupun video.

Ketika seorang teman sedang mengirimkan gambar foto maupun video dan kamu akan mengunduh tetapi menemukan tulisan “Unduhan Gagal: Pengunduhan tidak dapat diselesaikan, Silakan coba lagi nanti”. Sepertinya hal ini menandan adanya masalah pada whatsapp ya

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, maka file yang diterima dari seseorang dapat diunduh dengan sempurna. Akibatnya, komunikasi pun menjadi lebih lancar.

Lantas, bagaimana cara mengatasi pengunduhan file di WhatsApp yang gagal? Simak panduannya berikut ini.

Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp
  1. Periksa koneksi internet

Sebagaimana yang telah diketahui, WhatsApp hanya dapat dijalankan dengan jaringan internet oleh pengguna. Dengan demikian, koneksi internet yang tidak stabil dapat membuat pengunduhan tidak berhasil.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan periksa koneksi internet, baik kuota data maupun jaringan Wi-Fi. Pengecekan tersebut dapat dilakukan melalui menu pengaturan.

  1. Periksa memori penyimpanan ponsel

Saat hendak mengunduh file baru, beberapa ponsel memang akan menolak apabila sudah tidak tersedia ruang kosong.

Maka apabila kamu mengalami masalah pengunduhan di WhatsApp, bisa saja penyebabnya berasal dari memori penyimpanan ponsel yang terlalu penuh.

Oleh sebab itu, bersihkan ponsel dari data atau file yang sudah tidak digunakan. Kamu juga bisa membersihkan cache setiap aplikasi yang ada di ponsel.

  1. Hapus data dan cache di WhatsApp

Aplikasi WhatsApp juga perlu dibersihkan cache dan datanya agar tidak mengonsumsi memori penyimpanan perangkat secara berlebihan. Dengan begitu, masalah pengunduhan dapat diatasi.

Namun sebelum itu, kamu perlu melakukan back up data jika ingin menyimpan data yang penting. Back up bisa dilaksanakan dengan menyambungkan WhatsApp dengan Google Drive.

Setelah dilakukan back up, berikut ini adalah langkah-langkah menghapus data dan cache aplikasi WhatsApp.

  • Masuk ke menu Settings yang ada di HP.
  • Lalu pilih opsi App Management.
  • Klik opsi App List.
  • Kemudian pilih WhatsApp.
  • Klik opsi Storage Usage.
  • Setelah itu, klik tombol Clear Data.
  • Terakhir klik tombol Clear Cache.
  1. Update aplikasi WhatsApp

Bug bisa saja dapat ditemukan pada aplikasi WhatsApp yang belum diperbarui. Hal ini dapat mengakibatkan gagalnya pengguna dalam melakukan pengunduhan file.

Dalam hal ini, kamu perlu melakukan update aplikasi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Google Play Store atau App Store.
  • Temukan WhatsApp. Kamu bisa menggunakan kolom pencarian.
  • Jika sudah, buka.
  • Klik tombol Update.
  • Tunggu sampai proses meng-update selesai.
  1. Restart HP

Terakhir, kamu bisa coba restart HP-mu. Dengan merestartnya, maka koneksi internet, memori, serta sistem HP-mu akan disegarkan kembali.

Dengan demikian, hal ini bisa mengatasi beberapa error kecil yang muncul di HP, salah satunya adalah masalah pengunduhan gagal yang ada di WhatsApp.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi pengunduhan gagal di WhatsApp. Dan apabila seluruh panduan di atas masih belum menyelesaikan masalah, kamu bisa meminta file dikirimkan ulang. Semoga bermanfaat.

(Dari berbagai sumber/  Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *