9 Manfaat Konsumsi Buah Kersen Talok Bagi Kesehatan

Buah kersen atau yang biasa disebut ceri, seri, atau sering juga disebut talok, merupakan buah yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yang sangat mudah dijumpai.

Konten292 Views

Channel Indonesia – Buah kersen atau yang biasa disebut ceri, seri, atau sering juga disebut talok, merupakan buah yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yang sangat mudah dijumpai.

Kersen atau Muntingia calabura merupakan tumbuhan yang hidup di daerah tropis, termasuk Indonesia, dengan ketinggian pohon mencapai 8–20 meter. Saat matang, buah kersen memiliki cita rasa manis dan berair, serta dipenuhi oleh biji berwarna kuning yang dapat dimakan.

Meskipun bentuknya kecil, buah kersen mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah kersen mengandung air, serat, vitamin A, vitamin C, zat besi, niacin, protein, karbohidrat, betakaroten, riboflavin, tiamin, kalsium, fosfor, dan flavonoid. Selain itu, buah kersen juga mempunyai sifat anti-inflamasi, anti-kanker, dan anti-septik.

Terkadang, kita dapat menemukan pohon-pohon buah kersen di sekitar rumah. Namun, buah ini sangat sering disepelekan dan tidak dianggap.

Padahal, buah berbentuk bulat kecil dengan warna merah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah kersen bagi kesehatan tubu.

Manfaat Mengonsumsi Buah Kersen Talok
  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah ceri kersen juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Itu karena kandungan nitric oxide dalam buah ini mampu melemaskan pembuluh darah.

Darah pun akan dapat mengalir dengan lancar dan secara langsung menurunkan tekanan darah Anda.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, buah kersen dapat menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi. Buah ini mengandung zat anti diabetes, seperti asam askorbat, serat, beta-karoten, riboflavin, dan tiamin.

Ada juga kandungan niasin yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah hiperglikemia dalam tubuh.

  1. Mengatasi dan Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah kersen berguna untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah kersen dapat memperlancar aliran darah sehingga jantung akan lebih sehat.

Selain itu, daun kersen juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Ekstrak daun kersen memiliki efek perlindungan pada jaringan dan serum jantung.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kita harus terus menjaga sistem kekebalan tubuh guna melindungi diri dari penyakit. Langkah tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yakni dengan mengonsumsi kersen karena memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid.

Perpaduan keduanya mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh dapat terhindar gangguan penyakit akibat infeksi kuman, virus maupun bakteri.

  1. Mencegah kanker

Sifat anti kanker yang terkandung dalam buah kersen ini sudah dapat dipastikan bahwa buah ini mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh kita.

  1. Meredakan Nyeri dan Kram

Selain sifat anti-kanker, kersen ini memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang berguna untuk meredakan nyeri rematik, nyeri otot, nyeri pada bagian persendian hingga nyeri haid.

Selain itu, sifat anti-septik dan anti-inflamasi yang ada dalam buah ini berguna untuk meringankan dan mengobati kram perut.

  1. Menyehatkan organ pencernaan

Buah kersen mempunyai kandungan serat pangan yang melimpah yang berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus

  1. Mengobati asam urat

Buah kersen memiliki kandungan senyawa dan zat-zat aktif. Kandungan tersebut berguna untuk mengobati penyakit asam urat. Namun, untuk merasakan hasilnya, buah kersen harus dikonsumsi secara teratur.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *