Berikut 8 Bahan Alami Untuk Hilangkan Bau Mulut

Bau mulut, atau halitosis, merupakan kondisi yang dapat dialami oleh semua orang.

Headline, Konten238 Views

Channel Indonesia – Bau mulut, atau halitosis, merupakan kondisi yang dapat dialami oleh semua orang. Jarang menggosok gigi ataupun tidak terjaganya kebersihan gigi dan mulut merupakan penyebab bau mulut yang paling sering terjadi.

Selain itu halitosis yang kita miliki juga dapat terjadi karena gigi berlubang, penyakit gusi, atau kebersihan mulut yang buruk.

Bau mulut menjadi masalah yang kerap kali dialami banyak orang. Saat bangun tidur atau setelah makan biasanya mulut memiliki aroma tidak sedap akibat bakteri yang menumpuk.

Lantas bahan alami apa saja yang bisa membantu menghilangkan bau mulut? berikut delapan bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bau mulut.

8 Bahan Alami Untuk Membantu Menghilangkan Bau Mulut
  1. Cengkeh

Cengkeh merupakan bahan umum yang biasa ditemukan di bumbu dapur dapat membantu menghilangkan masalah bau mulut dan gusi bengkak. Sifat antibakterinya dapat mengurangi jumlah bakteri di mulut dan mengurangi risiko masalah gigi.

Anda cukup memasukkan beberapa potong cengkeh ke dalam mulut dan mengunyahnya untuk menghilangkan masalah bau mulut.

  1. Air mineral

Kurang asupan air dalam sehari juga dapat membuat mulut bau. Hal ini dikarenakan air memiliki peran yang penting untuk membantu mengeluarkan bakteri dari mulut dan juga mencegah berkembang biak di mulut.

Air membantu menjaga nafas tetap segar. Jadi, jika merasa napas berbau, minumlah banyak air setiap hari. Kamu juga bisa memeras setengah lemon dalam air untuk membantu menyegarkan mulut.

  1. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan halitosis. Bahan ini dapat mengembalikkan keseimbangan pH di mulut Anda.

Cara menggunakan cuka apel menjadi untuk menghilang bau mulut, yaitu dengan melarutkan 1-2 sendok makan cuka apel dalam segelas air.

Kemudian, gunakan larutan ini sebagai obat kumur. Berkumurlah selama 3-5 menit. Setelah itu, bilas mulut dengan air biasa. Hal ini dapat dilakukan setiap pagi dan sebelum tidur di malam hari.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bumbu dapur yang populer sebagai obat alami berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya yaitu untuk menghilangkan bau mulut, karena sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dikandungnya.

Cara untuk memanfaatkan bumbu dapur ini menjadi obat alami menghilangkan bau mulut adalah dengan menyiapkan 1 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, jadikan larutan ini sebagai obat kumur selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

  1. Jahe

Sifat antimikroba jahe membantu menghilangkan bau mulut serta berbagai jenis infeksi mulut dan tenggorokan.

Cara menggunakan jahe menjadi obat alami untuk menghilangkan halitosis, yaitu dengan menyiapkan 1 sendok teh jahe parut segar.

Kemudian, tambahkan air hangat dan kumur dengan ini. Bilas setelahnya. Cara ini dapat dilakukan setelah makan setidaknya 3 kali sehari.

  1. Kayu manis, madu, dan lemon

Anda juga dapat menggunakan kayu manis yang dicampur dengan madu dan lemon untuk menghilangkan bau mulut.

Kayu manis dan madu memiliki sifat antimikroba yang akan mensterilkan dan membersihkan mulut Anda. Sementara, lemon mengandung asam yang memiliki efek bakterisidal pada flora mulut serta menyeimbangkan pH di dalamnya.

Cara menggunakan racikan rempah ini untuk menghilangkan bau mulut, yaitu:

  • Campur 1/2 sendok makan bubuk kayu manis, 1-2 sendok makan madu (sebaiknya madu Manuka), dan 2 lemon yang diambil airnya.
  • Tambahkan secangkir air hangat ke dalam campuran rempah tersebut. Aduk merata.
  • Gunakan untuk berkumur setelah menggosok gigi.
  • Bilas dengan air biasa.
  1. Teh hijau

Fitokimia dalam teh hijau secara alami bersifat sebagai antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Cara menggunakan teh hijau sebagai obat alami menghilangkan bau mulut yakni:

  • Rendam 1 kantong teh hijau di dalam secangkir air panas selama beberapa menit.
  • Setelah membaur tambahkan madu secukupnya untuk, lalu minum teh ini.
  • Minum racikan teh hijau ini 1-3 cangkir setiap hari.
  1. Air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat di mulut dan membuat napas lebih segar. Air garam yang asin dapat membantu menghambat perkembangbiakan bakteri di mulut sehingga tidak akan terjadi bau mulut.  Anda hanya perlu mencampur 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air dan gunakan untuk berkumur.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *