Berikut Cara Download Microsoft Office Gratis dan Legal di Laptop ‎

Microsoft Office merupakan salah satu software penting yang wajib dimiliki ataupun tersedia di perangkat laptop ataupun komputer seseorang.

Konten492 Views

Channel Indonesia – Microsoft Office merupakan salah satu software penting yang wajib dimiliki ataupun tersedia di perangkat laptop ataupun komputer seseorang.

Software Microsoft Office adalah salah satu perangkat lunak yang paling umum digunakan di perangkat laptop atau komputer.  Mulai dari kalangan pelajar, guru, mahasiswa, hingga para pekerja lainnya, semua sangat bergantung dengan software ini guna menunjang kegiatan belajar dan bekerja.

Ms Office memiliki layanan yang sangat lengkap, ada Microsoft Word yang berfungsi untuk mengetik, Excel sebagai pengolah data, PowerPoint untuk membantu presentasi dan masih banyak lagi.

Biaya langganan Ms Office yang cukup mahal membuat sebagian besar orang Tidak dapat mengakses Microsoft Office yang legal. Namun, ternyata terdapat beberapa cara untuk mendapatkan akses Ms Office gratis dan tentunya legal.

Cara download Ms Office gratis di laptop secara legal penting untuk diketahui.  Berikut beberapa cara untuk mendownload Microsoft Office secara gratis dan legal di perangkat laptop.

Cara Download Microsoft Office Gratis di Laptop Secara Legal

1. Menggunakan Microsoft Office online

Cara yang pertama untuk dapat mengakses layanan Microsoft dengan gratis dan legal adalah dengan memanfaatkan layanan online yang ditawarkan langsung oleh pihak Microsoft. Layanan ini memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti  microsoftWord, Excel, PowerPoint, OneNote, Sway, Mail, dan OneDrive.

Namun, beberapa fiturnya tidak tersedia, seperti  pada  word yang tidak dapat mengakses fitur WordArt, text box, equation, dan chart.

Walaupun terdapat beberapa keterbatasan, layanan Microsoft online ini  juga memiliki nilai praktis karena tidak perlu memasang software di laptop ataupun PC.

Untuk mengakses layanan ini, Anda dapat langsung mengunjungi website resmi Microsoft.

2. Mendapatkan Microsoft Office secara gratis dari kampus atau sekolah

Mahasiswa dan pelajar dapat mendapatkan Microsoft Office secara gratis melalui program Education. Untuk mengecek apakah kampus atau sekolah Anda tergabung dalam program tersebut, cukup cek melalui situs Microsoft dengan memesukkan alamat email institusi.

3. Menggunakan kesempatan free trial dari Microsoft Office 365

Jika Anda belum pernah mendaftarkan akun di Microsoft Office 365, Anda dapat memanfaatkan kesempatan Free Trial yang disediakan. Microsoft 365 menawarkan free trial selama satu bulan untuk Anda.

Layanan ini memungkinkan Anda untuk mencoba Ms Office 2019 full suite, memori cloud OneDrive sebesar 1TB, dan gratis pemakaian Skype 60 menit per bulannya. Namun, pihak Microsoft akan meminta data akun PayPal, kartu debit, ataupun kredit Anda.

4. Menggunakan aplikasi mobile Microsoft Office

Anda dapat mengakses layanan Microsoft Office melalui  laptop, PC hingga mobile apps dengan Aplikasi. Aplikasi mobile ini memiliki layanan yang sama dengan office online yang tadi sudah dibahas.

Anda bisa mengakses Ms Office secara gratis di Android dan iOS. Untuk pengguna Android, Anda dapat mengunduh layanan microsoft terpisah, mulai dari Word, PPT, Excel, Outlook, One Notes hingga One Drive.

Sedangkan pada pengguna iOS, Ms Office tersedia langsung di dalam satu paket dan hanya tersedia tiga layanan utama yaitu MS Word, MS Excel dan Power Point.

5. Menggunakan aplikasi alternatif yang gratis

Terdapat beberapa aplikasi alternatif lain yang dapat Anda gunakan dengan  gratis dan legal untuk menggantikan Microsoft Office, seperti Google Suite, Open Office, Libre Office, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi ini memiliki layanan yang hampir sama dengan Ms Office.

Software alternatif ini tentunya cukup kompatibel untuk menyimpan file atau dokumen dengan berbagai format.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *