Menakjubkan ! Berikut 6 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat tumbuh hapir di semua tempat di Indonesia.

Konten307 Views

Channel Indonesia – Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat tumbuh hampir di semua tempat di Indonesia. Kacang hijau memiliki banyak manfaat  yang sangat baik bagi kesehatan.Pemilik nama latin vigna radiata ini termasuk dalam salah satu sumber gizi yang baik karena memiliki keseimbangan nutrisi yang baik dengan mengandung  banyak vitamin dan mineral.

Berikut ini adalah berbagai manfaat kacang hijau bagi kesehatan.

  1. Memiliki Antioksidan yang tinggi

Kacang hijau banyak mengandung antioksidiantaranya ada asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan masih banyak lagi. Antioksidan yang tinggi sangat bermanfaat bagi tubuh untuk membantu melindungi tubuh kami dari radikal bebas yang berpotensi menimbulkan penyakit kronis.

  1. Mencegah sembelit

Untuk mengatasi sekaligus mencegah sembelit, sangat diperlukan asupan serat yang cukup. Serat yang dimiliki kacang hijaudapat melancarkan proses pencernaan dengan membantu meningkatkan jumlah air di usus. Dengan begitu, tinja yang dibentuk dalam usus akan bertekstur lebih lunak, sehingga buang air besar akan lancar. Serat juga berperan penting untuk menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bukan hanya dapat menjaga kesehatan saluran cerna, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mengandung Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil

Kacang hijau kaya akan folat, nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Folat memproduksi sel darah merah dalam tubuh manusia yang berperan dalam mengembangkan sistem saraf embrio. Nutrisi folat yang cukup mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.

  1. Berperan sebagai prebiotik

Serat dalam kacang hijau berperan sebagai prebiotik dalam saluran cerna. Nutrisi ini merupakan sumber makanan bagi bakteri baik di usus, sehingga pertumbuhan dan fungsi bakteri tersebut akan selalu terjaga.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Kacang hijau dipercaya dapat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Kacang  hijau juga mengandung potasium, magnesium, dan serat yang baik. Penelitian telah mengaitkan tiap-tiap nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah. Sebanyak 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

  1. Memperkuat Tulang

Kacang hijau mengandung  sumber kalsium yang baik yang dapat mengurangi risiko osteoporosis. Selain mengandung kalsium yang tinggi, kacang hijau juga kaya vitamin K yang merupakan nutrisi penting untuk tulang yang kuat.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *