‎9 Manfaat Mengonsumsi Kacang Hijau, Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Jantung ‎

acang hijau (Vigna radiata L.) adalah tanaman kacang-kacangan yang banyak ditanam di Indonesia.

Konten122 Views

Channel Indonesia – Kacang hijau (Vigna radiata L.) adalah tanaman kacang-kacangan yang banyak ditanam di Indonesia. Jenis kacang ini dapat tumbuh hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Pertumbuhan tanaman kacang hijau yang tidak mengenal musim serta berbagai varietas yang ada membuat kacang hijau menjadi bahan makanan yang mudah didapat.

Kacang hijau menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia yang kerap dijadikan bahan dasar dalam pembuatan berbagai jenis makanan seperti bubur kacang hijau, bakpia, sampai minuman kacang hijau.

Selain rasanya yang lezat, ternyata kacang hijau memiliki berbagai macam nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Lantas apa saja manfaat kacang hijau bagi tubuh ? Berikut ulasannya.

Manfaat Mengonsumsi Kacang Hijau bagi Kesehatan Tubuh
1. Berperan sebagai prebiotik

Serat yang terkandung dalam kacang hijau berperan sebagai prebiotik dalam saluran pencernaan. Dimana serat merupakan sumber makanan bagi bakteri baik di usus, sehingga pertumbuhan dan fungsi bakteri tersebut akan selalu terjaga. Akibatnya pencernaan menjadi lebih sehat dan terlindungi dari gangguan pencernaan.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kacang hijau mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Magnesium juga penting untuk kesehatan tulang karena membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin K yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Vitamin K yang memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan selanjutnya, mengandung karotenoid yaitu senyawa yang memberikan warna pada buah dan sayuran. Karotenoid memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas.Karotenoid juga dapat membantu menjaga kesehatan retina. Retina adalah jaringan yang sensitif terhadap cahaya di dalam mata, yang memungkinkan kita untuk melihat. Kekurangan karotenoid dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mata seperti degenerasi makula dan katarak.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang hijau mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi dari infeksi, dan membantu tubuh melawan radikal bebas.

5. Mencegah Anemia

Kacang hijau mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah, membantu mencegah anemia atau kekurangan darah.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kacang hijau kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat yang terkandung dalam kacang hijau, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam darah. Selain itu, serat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dalam darah. Selain serat, kacang hijau juga mengandung magnesium yang penting untuk kesehatan jantung. Magnesium membantu menjaga detak jantung yang normal, memperbaiki sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam kacang hijau juga dapat membantu mengatur detak jantung dan menurunkan tekanan darah

7. Meningkatkan fungsi otak

Kacang hijau mengandung vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6 dan asam folat, yang penting untuk kesehatan otak. Vitamin B6 membantu memproduksi neurotransmitter yang penting untuk fungsi otak yang sehat, sementara asam folat dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan kognisi. Selain itu, kacang hijau juga mengandung magnesium yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan gangguan kognitif seperti kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan memori yang buruk.

8. Memiliki Antioksidan yang tinggi

Mengonsumsi puding kacang hijau yang banyak mengandung antioksidan termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan masih banyak lagi kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk membantu melindungi tubuh kami dari radikal bebas yang berpotensi menimbulkan penyakit kronis.

9. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Kacang hijau dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kacang ini mengandung potasium, magnesium, dan serat yang baik. Penelitian telah menyebutkan bahwa tiap-tiap nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah. Sebanyak 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *