‘Trocadero’ Landmark di Inggris Berubah Haluan Menjadi Masjid

Trocadero berubah haluan menjadi masjid. Tempat ibadah umat islam.

Headline, Konten336 Views

Channel Indonesia – Sebuah landmark di London, Inggris bernama Trocadero berubah haluan menjadi masjid. Tempat ibadah umat islam.

Pengajuan izin perubahan landmark menjadi masjid ini telah memperoleh izin dari otoritas setempat. Adalah miliarder muslim Asif Aziz yang sebelumnya telah mengambil alih Trocadero.

Asif Aziz merupakan pebisnis kaya raya yang juga dikenal sebagai Mr West End. Sebelumnya, dia pernah mengajukan izin membangun masjid berkapasitas 1.000 orang, tetapi rencana itu dibatalkan karena adanya penentangan dari warga.

Tapi, seperti dilansir The Daily Mail, sekarang Dewan Westminster dilaporkan telah menyetujui masjid tiga lantai untuk 390 jamaah.

Dalam beberapa bulan ke depan, tempat yang diperkirakan akan disebut sebagai “Piccadilly Prayer Space” ini sudah bisa dibuka.

“Permohonan perencanaan oleh Aziz Foundation untuk mengubah sebagian London Trocadero telah disetujui oleh komite perencanaan dewan pada Mei 2023,” kata seorang juru bicara dewan.

Trocadero, yang terletak di antara Picadilly Circus dan Soho, pertama kali dibuka pada tahun 1896 sebagai restoran, tetapi kemudian ditutup pada tahun 1965.

Landmark ini dibuka kembali pada tahun 1984 sebagai ruang pameran dan hiburan, dengan gedung yang disponsori oleh Sega.

Gedung ini ditutup lagi pada tahun 2011, sebelum beberapa bagian dari bangunan ini dibuka kembali sebagai hotel pada tahun 2020.

Trocadero dibeli oleh Asif Aziz seharga lebih dari 220 juta pound sterling atau setara Rp4,3 triliun pada tahun 2005. Diyakini, dia mendirikan masjid melalui badan amalnya, Aziz Foundation.

Masjid ini nantinya akan melayani umat Muslim yang bekerja di daerah tersebut, serta mereka yang mengunjungi Kota London sebagai turis.

Asif Aziz merupakan kepala eksekutif dan pendiri grup properti Criterion Caption, yang memiliki sebagai besar properti di West End London.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *