Bagaimana Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar?Ini Kata Ahli

paparan sinar ultraviolet akan merusak kulit bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Headline, Konten350 Views

Channel Indonesia – Penggunaan sunscreen ternyata ada triknya lho. Tidak asal pakai dan muka akan terlindungi dari paparan sinar matahari.

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Saat kulit terkena langsung paparan sinar ultraviolet akan merusak kulit bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Umumnya penggunaan sunscreen digunakan pada tahap akhir skincare. Tapi beberapa pendapat yang diungkapkan Wishtrend dan La Roche Posay,

Pada halaman yang juga dikutip dari akun Instagram @dr.yessicatania ini dijelaskan bahwa pemakaian sunscreen kimia setelah pelembab justriu akan mengurangi efektivitas sunscreen.

Dr. Yessica Tania mengatakan penggunaan sunscreen efektif jika dipakai pada tahap akhir penggunaan skincare. “Menurut saya, penggunaan sunscreen akan lebih baik ketika dipakai di step aterakhir dari skincare dan sebelum makeup bila menggunakan make up,” ujar dr. Yessica yang akrab disapa dr. Zie ini.

Dr. Zie juga menambahkan jika pengaplikasian sunscreen juga tidak boleh terlalu banyak supaya menjaga kerja sunscreen bisa lebih maksimal.

“Pemakaian sunscreen setelah sunscreen malah bisa membuat sunscreen yang sudah set dengan baik di atas kulit justru tergeser, karena kita harus meratakan moisturizer di atasnya. Jadi, coverage-nya malah bisa enggak rata dan itu hal yang justru tidak dianjurkan,” jelasnya.

Menurut dr. Zie, apapun jenis sunscreen yang digunakan, prinsip penggunaannya sama saja. Semakin sedkit layer sebelum menggunakan sunscreen akan semakin baik.

“Sebaiknya, sunscreen digunakan di step terakhir setelah menunggu penggunaan skincare sebelumnya terserap sempurna, maybe 5-10 menit. Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen secara merata Jika akan menggunakan makeup, tunggu 5-15 menit agar sunscreen dapat ter-set dengan baik,” ujarnya.

Cara menggunakan sunscreen yang benar

1.Bersihkan wajah

Proses awal yang harus dilakukan sebelum memakai sunscreen adalah mencuci muka dengan facial wash atau facial foam. Hal ini berguna untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada wajah.

2.Toner

Setelah wajah bersih gunakan toner yang berfungsi untuk membantu mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Toner juga bisa membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat mencuci wajah. Serta mempersiapkan kulit sebelum menggunakan skincare.

3.Serum

Serum wajah berfungsi untuk memberikan nutrisi, kelembapan, dan antioksidan yang sangat terkonsentrasi sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Penggunaan serum dinilai lebih efektif dan lebih meresap di kulit karena teksturnya yang ringan dibandingkan day cream.

4.Moisturizer

Setelah serum meresap ke dalam kulit, gunakan moisturizer untuk melembapkan kulit.

5.Sunscreen

Skincare terakhir yang digunakan untuk melindungi kulit adalah sunscreen. Pilih sunscreen yang memiliki SPF 30 atau lebih.

Setelah sunscreen meresap, bisa dilanjutkan dengan menggunakan make up di atas sunscreen sehingga penampilan tetap terjaga.

Jangan lupa dipraktekkan ya, semoga kulit mu tetap sehat.(Dari berbagai sumber/Annisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *