Ini 9 Manfaat Sunscreen Bagi Kesehatan Kulit

Sunscreen merupakan sala satu produk perawatan kulit yang sangat penting untuk digunakan.

Konten252 Views

Channel Indonesia – Sunscreen merupakan sala satu produk perawatan kulit yang sangat penting untuk digunakan. Produk ini  tidak boleh terlewatkan untuk dipakai,  hal ini ditujukan untuk menjaga kesehatan kulit dari sinar matahari, terutama dari kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UVA maupun UVB. Produk ini dapat berbentuk losion, spray, gel, ataupun stick.

Manfaat sunscreen selain melindungi dari radiasi ultraviolet adalah mencegah penuaan dini. Sunscreen terbukti ampuh memperlambat sekaligus meremajakan sel-sel kulit. Berikut, beberapa manfaat sunscreen untuk kesehatan kulit

9 Manfaat sunscreen untuk kesehatan kulit

  1. Mencegah melasma

Sunscreen ampuh untuk mencegah melasma atau bercak hitam pada kulit. Selain itu, jenis noda gelap lainnya seperti tahi lalat, juga dapat ditekan jumlah maupun ukurannya melalui penggunaan sunscreen.

Menurut penelitian, penggunaan sunscreen yang berlabel SPF dan PA setiap hari efektif mencegah melasma dan memperbaiki kondisi melasma yang sudah ada.

  1. Memperlambat penuaan

Sunscreen juga sering digunakan sebagai menghambat penuaan dini yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Beberapa tanda penuaan dini yang dimaksud meliputi keriput, garis-garis halus, kulit kendur dan noda gelap.

  1. Meratakan warna kulit

Selain mencegah noda wajah, penggunaan sunscreen juga dapat meratakan warna kulit yang tidak merata akibat hiperpigmentasi, misalnya setelah kulit terluka atau mengalami jerawat.

Hal ini karena sunscreen bisa mencegah perburukan masalah pigmen tersebut dan mencerahkan tampilan kulit yang lebih gelap daripada warna kulit sekitarnya.

  1. Mencegah kulit menghitam

Sunscreen juga ampuh mencegah kulit menghitam. Supaya hasilnya lebih optimal, Anda dianjurkan menggunakan sunscreen dengan benar dan rutin.

  1. Mencegah resiko kanker kulit

Sunscreen diklaim dapat menurunkan resiko kanker kulit. Sinar UVA dan UVB dapat merusak DNA di sel-sel kulit. DNA sangat berperan penting untuk mengontrol fungsi kulit.

Bila kerusakan DNA semakin banyak, hal ini dapat mengganggu sel-sel kulit sehingga tumbuh tak terkendali. Akibatnya, muncul jaringan abnormal dan menimbulkan kanker.

Manfaat sunscreen SPF 15 setiap hari bisa mengurangi risiko kanker sel karsinoma sebesar 40% dan kanker kulit karsinoma sebesar 50 persen.

  1. Mencegah kulit terbakar

Kulit terbakar atau sunburn terjadi akibat paparan sinar UVB. Sinar ini memiliki panjang gelombang yang lebih pendek sehingga mengenai permukaan kulit terluar.

Sinar UVB dapat memicu senyawa kimia penyebab peradangan di kulit. Akibatnya, kulit akan terasa perih, memerah, dan membengkak.  Dalam kondisi parah, sunburn menyebabkan kulit mengelupas dan melepuh. Manfaat sunscreen bisa menangkal sinar UVB sehingga mencegah kulit terbakar.

  1. Mencegah komedo

Salah satu penyebab munculnya komedo adalah paparan sinar matahari yang berlebih. Agar masalah kulit satu ini tidak terus-menerus mengganggu, maka penting bagi kamu untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari.

  1. Menghambat penipisan kulit

Manfaat sunscreen dapat menghambat penipisan kulit yang terjadi akibat paparan sinar UV. Dalam hal ini, sinar UV bisa merusak kolagen dan elastin.

Keduanya merupakan protein yang menyusun jaringan kulit sekaligus menjaganya agar tetap kencang dan lentur. Kulit yang tipis akan rentan luka, robek, lebam, dan lebih sensitif.

  1. Mengurangi gejala rosacea

Rosacea merupakan kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan dan tampak berurat. Fungsi sunscreen dapat membantu meredakan kemerahan pada rosacea. Mengutip studi terbitan Journal of Cosmetic Dermatology (2021), sinar UVA dan UVB bisa menyebabkan dinding pembuluh darah pecah.

Akibatnya, kulit tampak berurat dan kemerahan. Selain itu, sinar UVB bisa membuat kulit meradang dan kemerahan. Dengan menggunakan sunscreen, kulit terlindungi dari peradangan dan pecahnya pembuluh darah.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *