Prof Tjandra Yoga Aditama Cetak Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel Covid-19 Terbanyak di Media

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam menyebarkan informasi kesehatan selama masa pandemi COVID-19.

Konten43 Views

Channel Indonesia- Guru Besar Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, FISR, meraih Penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai Penulis Artikel tentang COVID-19 Terbanyak di Media Massa. Penghargaan diserahkan langsung oleh Pendiri MURI, Prof. Dr. (H.C) KP Jaya Suprana pada 1 April 2024 di Museum Rekor-Dunia Indonesia, Jaya Suprana Institute, Jakarta.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam menyebarkan informasi kesehatan selama masa pandemi COVID-19. Prof. Tjandra telah menulis 254 artikel dan opini informatif tentang COVID-19 yang dimuat di berbagai media massa. Artikel-artikel tersebut tidak hanya meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai virus tersebut, tetapi juga mendukung upaya pemerintah dalam memerangi penyebaran informasi palsu atau hoaks tentang kesehatan yang sering muncul di tengah masyarakat.

Artikel mengenai COVID-19 yang ditulisnya kemudian dihimpun ke dalam buku berjudul COVID19 dalam Tulisan Prof Tjandra. Buku ini bertujuan untuk menjadi catatan atau potret realitas dan tantangan COVID-19, baik di Indonesia maupun negara-negara lainnya. Terdiri atas empat jilid, buku ini menyuguhkan pembahasan yang beragam mengenai perjalanan masyarakat dunia melintasi masa sulit ini.

Prof. Tjandra menjelaskan bahwa ada tiga hal yang memotivasinya menulis artikel-artikel tersebut. Pertama, keinginan berpartisipasi dalam menjelaskan isu COVID-19 yang masih menjadi perdebatan di tengah masyarakat. Kedua, bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh wartawan, dan ketiga, karena menulis merupakan semacam “hobi” baginya.

“Saya berharap agar rekan-rekan di FKUI, termasuk mahasiswa, tidak hanya fokus pada publikasi artikel ilmiah di jurnal-jurnal bereputasi, tetapi juga mau berbagi informasi kesehatan langsung kepada masyarakat melalui media massa, baik koran cetak maupun media massa resmi elektronik,” kata Prof. Tjandra.

Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB mengapresiasi sumbangsih Prof. Tjandra yang luar biasa. Ia mengatakan, “Pandemi COVID-19 memang menjadi masalah yang meresahkan seluruh masyarakat pada saat itu. Sering kali, masyarakat, bahkan tenaga kesehatan sekali pun, kesulitan dalam mencari informasi terkait masalah tersebut. Kita semua harus berterima kasih kepada Prof. Tjandra atas kontribusinya dalam menulis artikel-artikel informatif mengenai COVID-19 untuk membantu masyarakat dalam bersikap dan bertindak.”

Sebelum meraih penghargaan dari MURI, Prof. Tjandra telah menuai banyak prestasi di dalam dan luar negeri. Sepak terjangnya telah diapresiasi berbagai tokoh, antara lain oleh Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah, Dr. Lestari Moerdijat, S.S., M.M.; dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, H.R. Agung Laksono. Prof. Tjandra juga memperoleh surat apresiasi dari Regional Director The Union Asia Pacific, Tara Singh Bam; dan Program Director Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP), John Leigh.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *