Selain Wortel, Ini Buah dan ‎Sayur yang Baik untuk ‎Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh kita

Konten240 Views

Channel Indonesia – Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Menjaga kesehatan mata suangatlah penting, mengingat indra penglihatan sangat berperan dan berguna dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mata. Hal paling utama untuk menjaga indra satu ini adalah mengistirahatkannya dari berbagai kegiatan yang melibatkan alat elektronik.

Selain itu kita harus mengonsumsi buah dan sayur yang bagus untuk kesehatan mata. Kita semua tahu bahwa mengonsumsi wortel adalah sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

Selain wortel, berikut adalah beberapa buah dan sayur yang dapat menjaga kesehatan mata.

1.       Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata, brokoli mengandung nutrisi  Zeaxanthin dan Lutein yang dapat melindungi mata dari pancaran sinar UV. Dengan mengonsumsi brokoli, Anda bisa mengurangi resiko terkena katarak.

2.       Bayam

Bayam tidak hanya baik dikonsumsi untuk menambah energi, tetapi juga mengandung banyak Zeaxanthin dan Lutein. Di dalam  bayam juga terdapat vitamin B6, C dan K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur dan klorofil, Vitamin C yang berguna mencegah penyakit glaukoma.

3.       Tomat

Tomat kaya akan vitamin A, C dan lycopene, ketiga jenis nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita.

4.       Alpukat

Alpukat mengandung Lutein paling banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi dari Lutein sendiri adalah untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular. Alpukat juga berperan untuk menyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang membentuk Vitamin A agar bisa diserap tubuh dengan baik.

5.       Pisang

Selain mengandung karbohidrat tinggi yang dapat mengenyangkan saat dikonsumsi, pisang juga memiliki peran penting bagi kesehatan mata. Pisang adalah buah yang kaya akan Vitamin A, B1, B2, B6, dan C, yang mana Vitamin A dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

6.       Mangga

Buah mangga mengandung vitamin yang sangat tinggi di antaranya: Vitamin A, B1, C dan E. Vitamin A yang lumayan bagus dalam buah mangga ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita.

7.       Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. padahal untuk mendapatkan ubi jalar sangatlah mudah. Semangkuk ubi jalar sehari, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *