Bacaan Sholawat Jibril, Sholawat Penarik Rizki

Konten182 Views

Channel Indonesia –  Sholawat Jibril merupakan salah satu sholawat nabi yang lebih pendek. Sholawat ini diberi nama sholawat Jibril karena yang pertama melafalkan sholawat ini adalah malaikat Jibril ketika memberikan pengajaran pada Nabi Muhammad SAW. Sholawat Jibril juga salah satu jenis sholawat yang paling sering diamalkan oleh umat Muslim karena penuh makna dan singkat.

Sholawat sendiri merupakan salah satu dzikir yang sangat dianjurkan untuk dibaca secara istiqamah oleh siapa pun. Memperbanyak membaca sholawat diyakini dapat mempermudah terkabulnya hajat seseorang.

Dalil Sholawat

Perintah untuk membaca sholawat  sendiri terdapat dalam Al-Quran. Allah SWT memerintahkan umatnya untuk membaca sholawat  dalam Surah Al Ahzab ayat 56:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا

Artinya:“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Surat Al Ahzab 33:56)

Mengutip Tafsir Ibnu Katsir, yang dimaksud dengan sholawat dari Allah SWT dalam ayat di atas adalah pujian-Nya kepada Rasulullah SAW di kalangan para malaikat, sedangkan sholawat dari para malaikat adalah doa mereka untuknya. Pendapat ini mengacu pada riwayat dari Imam Bukhari.

Dalam Kitab al-Adzkar karya Imam an-Nawawi, salah satu sholawat yang bisa diamalkan adalah sholawat Jibril. Adapun manfaat yang didapat jika rutin membaca dan mengamalkan sholawat Jibril, mulai dari memperoleh kebaikan dan menghapus segala keburukan, membuka pintu rezeki, dan mendapat keberkahan di dunia.

Rasulullah SAW bersabda

“Barang siapa yang membaca sholawat Jibril ini, maka Allah SWT kemudian akan membukakan pintu pintu rahmat kepadanya dan Allah SWT kemudian akan menjadikan hari para manusia akan mencintainya serta tak akan ada orang yang membencinya kecuali mereka, orang-orang yang munafik”.

Bacaan Sholawat Jibril

صَلَّىاللهُعَلَىمُحَمَّد

Shallallaahu ‘ala Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Artinya: “(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *