Ini 9 Cara Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi ‎

Sakit gigi dapat menjadi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa nyerinya.

Konten307 Views

Channel Indonesia – Sakit gigi dapat menjadi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa nyerinya. Sakit gigi jika tidak segera ditangani dapat memburuk dan menjadi masalah yang serius.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kerusakan gigi, iritasi gusi akibat makanan, gigi patah, gerakan berulang seperti mengunyah, abses gigi, dan lain-lain.

Iritasi yang ringan bisa diatasi sendiri dengan perawatan di rumah. Namun, sakit gigi yang lebih serius perlu mendapatkan pengobatan dari dokter. Namun, sebelum pergi ke dokter, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu.

Berikut cara alami yang dapat membantu mengatasi sakit gigi:
1. Kompres dengan es

Menempelkan kompres es ke area gigi yang sakit merupakan cara efektif untuk menghilangkan rasa sakit gigi.

Tempelkan es yang dibungkus kain tipis pada area gigi yang sakit. Ini bisa membantu mengurangi rasa sakit.

2. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam bisa membersihkan area sekitar gigi dan membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, berkumur dengan air garam juga bisa membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di dalam mulut.

Larutkan satu sendok teh garam dalam air mendidih, kumur selama 30 detik, lalu keluarkan airnya.

3. Cuka apel

Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk meredakan sakit gigi. Cukup berkumur dengan larutan cuka apel selama 30 detik.

4. Kunyit

Kunyit kaya akan vitamin C dan senyawa xanthorrhizol yang bersifat antibakteri. Anda dapat mencampurkan kunyit yang dihaluskan dengan sedikit air, lalu mengoleskannya pada gigi berlubang selama beberapa menit.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa antibakteri alami. Selain melawan bakteri, bawang putih juga merupakan pereda nyeri yang efektif. Anda dapat membuat pasta dari bahan alami ini dengan cara menumbuknya, lalu mengoleskan ke gigi yang sakit.

 

Anda juga dapat mengunyah sepotong bawang putih segar atau merendam bola kapas dalam minyak bawang putih dan meletakkannya di gigi kamu. Atau Anda bisa mencampur bawang putih yang dihaluskan dengan garam, mengoleskannya pada gigi berlubang selama 10 menit kemudian berkumur dengan air garam.

6. Daun jambu

Sifat antiradang, antimikroba, dan analgesik (pereda nyeri) membuat daun jambu biji kerap dijadikan obat alami untuk membantu meredakan sakit gigi.

Cara pakainya, kunyah 1–2 lembar daun jambu sampai sarinya keluar. Kemudian, posisikan sari daun jambu biji langsung pada gigi yang nyeri.

Atau alternatif lainnya, Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu biji. Saring air rebusan, lalu tambahkan sejumput garam. Gunakan ramuan ini sebagai obat kumur.

7. Lemon

Lemon yang kaya akan antiseptik dan antibakteri bisa membantu meredakan sakit gigi. Cukup peras lemon dan gunakan airnya untuk mengompres gigi yang sakit.

8. Larutan cuka

Anda dapat menggunakan cuka dapur untuk berkumur guna membantu meredakan sakit gigi. Dengan sifat antibakteri dan antimikrobanya, air cuka dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Caranya, larutkan setengah sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan untuk berkumur dan tahan pada daerah yang nyeri selama kurang-lebih 30 detik.

Jangan pernah berkumur dengan cuka murni, sebab ini dapat merusak lapisan enamel gigi. Jika Anda tidak suka berkumur, teteskan cuka pada kapas dan tempelkan kapas tersebut ke gigi yang  nyeri.

9. Madu

Dengan sifat antiseptik dan antibakterinya, madu kerap dimanfaatkan untuk meredakan gigi ngilu secara alami. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa madu dapat membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis).

Larutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Setelah itu, berkumurlah dengan larutan madu selama 30 detik. Buang bekas larutan kumur tadi, lalu akhiri dengan minum air putih.

 

Selain itu, menjaga kebersihan mulut juga penting untuk mencegah sakit gigi. Sikat gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan periksakan gigi secara berkala

Harap diingat, bahan alami ini belum tentu cocok untuk semua orang dan penting untuk pergi ke dokter gigi jika masalah berlanjut.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *