Berikut 5 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Teh  merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh semua kalangan.

Konten386 Views

Channel Indonesia – Teh  merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh semua kalangan. Teh sendiri memiliki berbagai jenis. Salah satu jenis teh yang sangat populer adalah teh hijau. Tidak hanya menyegarkan, ternyata teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Teh hijau adalah salah satu jenis tumbuhan Camellia sinensis. Tumbuhan ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan:
  1. Menjaga kesehatan tulang

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, serta menjadikan tulang lebih kuat. Selain itu, fenol yang ada di dalam teh hijau berperan untuk menjaga kepadatan tulang.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Teh hijau memiliki kandungan bahan aktif kafein yang dikenal sebagai stimulan, di mana salah satu manfaatnya adalah membantu meningkatkan fungsi otak. Meski kadar kafein dalam teh hijau cukup rendah, namun sudah cukup untuk meningkatkan fungsi otak. Kafein bekerja dengan memblokir penghambat neurotransmitter adenosin, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi.

  1. Menghilangkan bau mulut

Teh hijau  juga dapat bermanfaat sebagai obat kumur. Teh hijau diketahui mengandung tanin yang memiliki sifat anti-bakteri, sehingga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Tumbuhan ini juga bermanfaat mencegah karies gigi serta pembentukan plak pada gigi.

  1. Dapat membantu dalam pengendalian gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein yang ada di dalam teh hijau dapat meningkatkan kerja insulin dan menjaga kadar gula darah penderita diabetes tetap normal. Pada orang yang sehat, efek ini bisa mencegah terjadinya resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Sebuah riset menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).Selain itu, teh hijau juga mengandung asam fenolik, yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

 

Teh hijau memang merupakan minuman yang kaya akan manfaat kesehatan. Namun, sebaiknya hindari minum teh hijau bersama makanan kaya zat besi jika memiliki riwayat anemia defisiensi besi. Dan jika ngin menggunakannya untuk tujuan pengobatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika ada sensitifitas terhadap kafein. Dan batasi konsumsi kafein jika diperlukan.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *