Cara Mengobati Sariawan di Lidah Dengan Bahan Alami

Sariawan merupakan salah satu  jenis luka yang dapat terjadi di bagian mulut mana saja, termasuk di lidah.

Konten341 Views

Channel Indonesia – Sariawan merupakan salah satu  jenis luka yang dapat terjadi di bagian mulut mana saja, termasuk di lidah. Meskipun ukurannya biasanya sangat kecil, sariawan di lidah tentu terasa sangat menyakitkan dan membuat makan dan berbicara menjadi sulit.

Mengenal Sariawan

Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan yang tergolong ringan, tapi bisa sangat mengganggu karena menimbulkan ketidaknyamanan dalam kegiatan sehari-hari.

Sariawan adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa atau selaput lendir di dalam mulut, dari gusi, pipi, langit-langit atau dasar mulut, kerongkongan, hingga lidah. Peradangan ini dapat menimbulkan luka yang akan terasa sakit jika bersentuhan dengan makanan atau benda lain yang masuk ke mulut. Seringkali orang yang terkena sariawan di lidah juga merasa tidak nyaman ketika membuka mulut atau berbicara.

Meski memang bukan masalah kesehatan yang serius, akan tetapi masalah kesehatan yang satu ini bisa sangat mengganggu karena menimbulkan ketidaknyamanan dalam kegiatan sehari-hari. Sariawan di lidah bisa bertahan cukup lama dan butuh pengobatan agar kembali nyaman beraktivitas.

Berikut ini cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan di lidah secara cepat.
  1. Berkumur dengan air garam

Garam terkenal dengan manfaatnya untuk meredakan sariawan. Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk air garam tersebut hingga larut. Lalu, kumur dengan menggunakan air garam tersebut hingga seluruh rongga mulut terbasahi.

Berkumurlah selama 1 hingga 2 menit supaya bisa menjangkau seluruh bagian mulut. Setelah itu, buang air kumuran. Ada baiknya jika Anda tidak makan dan minum dalam beberapa saat untuk membuat air garamnya bereaksi dengan luka.

  1. Kompres es batu

Jika rasa nyeri sariawan cukup mengganggu, cobalah kompres bagian sariawan dengan es batu. Kemudian diamkan beberapa sampai rasa sakitnya berkurang ataupun mereda.

Jika tidak ada es batu, Anda Anda juga bisa menggantinya dengan berkumur menggunakan air dingin. Cara ini juga dinilai cukup efektif meredakan rasa sakit akibat sariawan.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain dapat membantu proses pencernaan, mengonsumsi air putih juga dapat membantu mencegah mulut kering dan sariawan.

Anda bisa memilih air mineral alkali dengan kadar pH normal. Air tersebut dapat menetralkan kondisi tubuh yang asam akibat mengonsumsi makanan pedas dan asam.

  1. Kompres dengan teh celup

Salah satu cara unik yang juga dapat dipercaya untuk mengobati sariawan adalah dengan memanfaatkan teh celup. Daun teh dipercaya mampu melawan peradangan sekaligus menetralkan asam di mulut.

Anda hanya perlu menempelkan teh celup di bagian sariawan dan biarkan selama beberapa menit. Ulangi langkah yang sama setiap hari sampai sariawan hilang.

  1. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Sariawan dapat terjadi akibat kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, kamu pun bisa mengonsumsi vitamin, seperti vitamin C, vitamin B12, serta vitamin B kompleks untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Kebutuhan vitamin ini bisa didapat dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

 

Walau sariawan sendiri tidak berbahaya, luka sariawan pada mulut yang tidak kunjung sembuh bisa menandakan berbagai kondisi medis yang lebih serius, seperti kanker mulut, herpes oral, atau infeksi virus. Berbagai penyakit tersebut tidak boleh disepelekan dan harus diobati dengan cara yang tepat.

Maka dari itu, bila Anda mengalami gejala sariawan yang tidak biasa, seperti nyeri hebat atau sering berdarah, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *