Begini Cara Mengatasi Google Maps Error dan Tidak Berfungsi

Pernahkah ketika Anda sedang menggunakan Google Maps akan tetapi tiba-tiba eror dan tidak dapat berfungsi?

Konten629 Views

Channel Indonesia – Pernahkah ketika Anda sedang menggunakan Google Maps akan tetapi tiba-tiba mengalami error dan tidak dapat berfungsi?

Google Maps merupakan suatu aplikasi penyedia layanan peta digital dan navigasi untuk menunjukkan sebuah rute ataupun lokasi.

Walau telah dirancang untuk menampilkan rute terbaik, namun  terkadang Google Maps sering mengalami kesalahan ataupun eror.  contohnya seperti memberikan rute yang kurang tepat atau kurang sesuai dalam menentukan titik lokasi. Hal-hal seperti ini membuat pengguna Google Maps menjadi sering tersesat.

Beberapa waktu mungkin juga dapat terjadi google maps tidak berfungsi atau tidak mau berjalan. Hal ini sangat menjengkelkan, apalagi ketika terjadi pada saat yang penting untuk menempuh perjalanan.

Cara mengatasi Google Maps error pedan tidak berfungsi perlu diketahui oleh setiap penggunanya. Hal ini cukup mudah untuk dilakukan tanpa perlu bantuan orang lain.

Untuk mengatasi masalah pada Google Maps ini, berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

Cara Mengatasi Google Maps Error  dan Tidak Dapat Berfungsi Dengan Baik
  1. Memastikan Koneksi Internet

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik. Sebab, Google Maps error bisa disebabkan karena koneksi internet yang kurang bagus.

  1. Memperbarui Aplikasi Google Maps

Pastikan Anda sudah menggunakan Aplikasi versi terbaru. jika aplikasi Google Maps di hp belum diperbaharui segeralah untuk memperbaruinya. Pembaruan ini biasanya dapat mengatasi eror  dan meningkatkan kinerja aplikasi.

  1. Memeriksa Izin Aplikasi

Pastikan aplikasi Google Maps memiliki izin yang diperlukan untuk mengakses lokasi pengguna. Adapun cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

  • Buka Pengaturan
  • Pilih opsi aplikasi
  • Pilih aplikasi Google Maps
  • Pilih opsi Izin, lalu pastikan untuk menyalakan izin lokasi diaktifkan.
  1. Kosongkan Ruang

Jika aplikasi Google Maps error di ponsel Android maka pengguna dapat mengososngkan ruang dengan menghapus cache yang menumpuk di menu pengaturan. Caranya sebagai berikut.

  • Buka Pengaturan
  • Pilih opsi aplikasi
  • Cari Aplikasi Google Maps, lalu klik
  • Selanjutnya, pilih hapus cache.

Pastikan juga bahwa perangkat pengguna memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia. Terkadang, masalah dapat terjadi jika penyimpanan hampir penuh

  1. Restart Perangkat

Jika belum berhasil, cobalah untuk mematikan perangkat dan hidupkan kembali. Cara ini biasanya efektif untuk menyelesaikan berbagai error di aplikasi.

  1. Mematikan VPN atau Proxy Jika pengguna tengah menggunakan VPN atau Proxy, cobalah menonaktifkannya sementara. Kadang-kadang, pengaturan ini dapat mengganggu koneksi dengan Google Maps.

 

‎(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)‎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *