‎9 Manfaat Konsumsi Yoghurt bagi Kesehatan Tubuh ‎

Yoghurt merupakan salah satu produk dari olahan susu yang baik untuk dikonsumsi. 

Konten456 Views

Channel Indonesia – Yoghurt merupakan salah satu produk dari olahan susu yang baik untuk dikonsumsi.  Yoghurt termasuk dalam kelompok makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Makanan ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapapun, tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil. Bahkan jenis makanan  satu ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Yoghurt adalah produk susu yang dihasilkan dari fermentasi bakteri asam laktat pada susu segar atau susu yang dipasteurisasi. Umumnya, proses fermentasi ini menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Yoghurt termasuk dalam salah satu produk olahan susu yang sangat menyehatkan. Yoghurt dapat disajikan menjadi berbagai macam hidangan yang lezat seperti campuran semangkuk granola, salad buah, dan masih banyak hidangan lainnya.

Selain lezat, yoghurt juga sangat kaya akan nutrisi seperti protein, kalsium dan probiotik yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut 9 manfaat mengonsumsi yoghurt bagi kesehatan tubuh.
  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam membantu melindungi kesehatan sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit, seperti diare, konstipasi, radang usus, asam lambung, dan bahkan dipercaya sebagai obat alami untuk hernia.

Probiotik dalam yoghurt bekerja dengan cara menggantikan bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di sistem pencernaan. Dengan demikian, saluran pencernaan tetap dapat berfungsi secara normal.

  1. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Manfaat lainnya dari yoghurt yaitu dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Sebagian jenis yoghurt yang terbuat dari susu rendah lemak dipercaya dapat membuat tekanan darah menjadi normal jika dikonsumsi secara rutin. Disebutkan juga pada seseorang yang mengonsumsi 2–3 porsi yoghurt dari susu rendah lemak dalam sehari dapat membantu menurunkan risiko terkena darah tinggi mencapai 50 persen . Tidak ada salahnya untuk mengganti susu rendah lemak dengan yoghurt.

  1. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat

Selain berpotensi membantu menurunkan tekanan darah, yoghurt juga dapat membantu menyehatkan jantung Anda. Sebab, mengonsumsi yoghurt membantu mengelola kadar kolesterol darah dalam tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Sciences mengamati efek yoghurt probiotik pada partisipan penderita diabetes tipe 2. Hasilnya, mengonsumsi harian yoghurt ini dikaitkan dengan rendahnya LDL dan kolesterol total.

  1. Meningkatkan asupan kalsium dan mencegah osteoporosis

Selain protein, yoghurt juga mengandung kalsium yang dapat membantu memelihara otot, saraf, pembuluh darah, dan tulang. Misalnya, tulang Anda mengandung banyak kalsium, dan ketika Anda tidak mengonsumsi cukup kalsium melalui makanan yang Anda makan, tubuh Anda sebenarnya mulai menarik kalsium dari tulang Anda.

Itulah salah satu alasan mengapa kalsium dalam makanan sangat penting. Sebab, ketika kalsium pada tulang terus diambil untuk memenuhi kebutuhan tubuh, bisa jadi lama kelamaan tulang kekurangan kalsium hingga mengalami sakit tulang.

Nutrisi yang cukup sangat berperan penting dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, terutama kandungan kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan ini terdapat dalam yoghurt sehingga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang. Kalsium terbukti dapat meningkatkan massa tulang untuk semua orang tidak terpaku usia. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh

Salah satu manfaat yoghurt untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi ketika probiotik mengubah mikroflora usus dan mengurangi respons sistem kekebalan tubuh yang dapat memperburuk penyakit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan resistensi dan pemulihan dari infeksi. Penelitian menyebut jika durasi semua gangguan yang disebabkan oleh penyakit lebih pendek pada orang yang rutin mengonsumsi yoghurt, dibandingkan yang tidak.

Selain itu, probiotik telah terbukti mendorong sintesis antibodi alami dan sel kekebalan seperti limfosit sehingga mampu melindungi tubuh dari virus dan racun yang menyerang.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Yoghurt juga mengandung asam amino triptofan yang dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Serotonin adalah neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati dan dapat membantu mencegah depresi dan kecemasan.

Selain itu, yoghurt juga mengandung probiotik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat dan flora usus seimbang, tubuh menjadi lebih sehat, rileks, dan meredakan rasa cemas.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan probiotik dalam yoghurt juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Selain itu, yoghurt termasuk sumber vitamin B dan protein yang bermanfaat meningkatkan fungsi otak sekaligus pertumbuhan jaringan otak. Menurut beberapa peneliti, yoghurt berpotensi membantu mendorong fungsi kognitif pada pengidap penyakit parkinson, autisme, dan alzheimer.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat yoghurt untuk kesehatan berikutnya adalah dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kandungan asam amino tryptophan pada yoghurt membantu tubuh menghasilkan hormon melatonin dan serotonin yang berfungsi menjaga kualitas tidur. Bagi Anda yang memiliki masalah insomnia, yoghurt dapat menjadi salah satu pilihan camilan di malam hari untuk membantu Anda memperbaiki kualitas tidur.

  1. Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker. Penelitian-penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi yoghurt dengan teratur mempunyai risiko jauh lebih rendah untuk terkena kanker kolorektal.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *