Bisa Cegah Kanker, Ini Manfaat Mineral dan Vitamin

Vitamin dan mineral adalah dua jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Konten331 Views

Channel Indonesia – Vitamin dan mineral adalah dua jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Anda perlu memenuhi asupan vitamin dan mineral yang cukup setiap hari agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Vitamin dan mineral berperan penting dalam proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Selain itu, vitamin dan mineral juga dapat membantu pembentukan energi. Apa fungsi vitamin dan mineral bagi tubuh lainnya? Berikut penjelasannya. 

Berikut beberapa jenis vitamin dan mineral yang perlu dipenuhi asupannya setiap hari: 

  1. Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, serta membantu menjaga daya tahan tubuh. Sumber vitamin A, antara lain wortel, bayam, ubi, kentang, tomat, melon, dan mangga. 

  1. Vitamin B Kompleks

Berbagai jenis vitamin B memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin B1 bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan jaringan tubuh dan mengubah karbohidrat menjadi energi, vitamin B9 atau folat berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah cacat lahir.  

Sedangkan, vitamin B6 dan vitamin B12 berperan dalam metabolisme protein, menjaga kesehatan otak dan saraf, serta menghasilkan sel darah merah. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks, konsumsi ikan, daging, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta susu dan produk olahannya. 

  1. Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat daya tahan tubuh. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan, seperti ikan dan jamur. Minuman tertentu, seperti jus dan susu, juga ada yang diperkaya (difortifikasi) dengan vitamin D.  

  1. Selenium

Selenium adalah mineral yang secara alami terkandung di dalam air dan beberapa jenis makanan, seperti ikan tuna, telur, daging sapi, dan kacang-kacangan. Jenis mineral ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Meski hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil, selenium memiliki manfaat yang besar, karena sifat antioksidan yang dimilikinya. 

  1. Kalsium

Kalsium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Untuk memenuhi asupan kalsium harian, Anda bisa mengonsumsi ikan, susu, yoghurt, keju, kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, serta sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli. 

  1. Magnesium

Seperti halnya kalsium, magnesium juga berfungsi untuk menjaga fungsi otot tubuh dan kekuatan tulang, serta memelihara kesehatan jantung. Selain itu, magnesium juga berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan magnesium setiap hari, Anda bisa mengonsumsi bayam, gandum utuh, edamame, dan alpukat. 

  1. Zinc

Seperti halnya vitamin, zinc juga tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Zinc memiliki beberapa manfaat, antara lain memperkuat sistem imun tubuh, membantu proses penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan jaringan tubuh. Selain itu, zinc juga berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Untuk memenuhi kebutuhan zinc setiap hari, Anda bisa mengonsumsi ikan, telur, daging merah, dan kacang-kacangan. 

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber) 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *