Cara Mewarnai Rambut, Bisa di Rumah Saja

Perlu biaya yang tidak sedikit untuk melakukannya di salon.

Headline, Konten372 Views

Channel Indonesia – Ketika bosan dengan warna rambut yang sama, seseorang bisa memilih untuk mewarnainya. Namun perlu biaya yang tidak sedikit untuk melakukannya di salon.

Cara mewarnai rambut sendiri di rumah bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan tampilan berbeda dengan budget minim.

Apakah aman mewarnai rambut sendiri tanpa bantuan profesional? Jawabannya tentu saja aman selama Anda mengikuti instruksi yang tertera pada produk yang akan digunakan.

Meski begitu, jangan mewarnai rambut jika Anda baru saja melakukan perawatan atau mengeriting rambut karena dapat menyebabkan kerusakan. Tunggu setidaknya tujuh hari usai melakukan perawatan tersebut.

Nah, bagi Anda yang hendak mencoba mewarnai rambut sendiri di rumah, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mewarnai Rambut di Rumah

Sebelum mulai mengecat rambut, siapkan dulu sejumlah alat yang dibutuhkan. Sebut saja pewarna rambut yang diinginkan dan cocok untuk kulit kepala, mangkuk, kuas atau sisir untuk pewarna, penghapus makeup, penutup rambut, cermin genggam, sarung tangan plastik sekali pakai dan lipbalm padat.

Setelah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan, Anda bisa langsung mewarnai rambut dengan tips dan langkah-langkah berikut.

1.Perhatikan panjang rambut

Jika rambutmu memiliki panjang sebahu atau lebih sebaiknya belilah dua kotak pewarna rambut supaya bisa cukup untuk seluruhnya.

2.Jangan campurkan pewarna

Tidak disarankan untuk mencampurkan beberapa corak warna karena tidak menjamin akan menghasilkan kombinasi cocok.

Faktanya, meskipun Anda menggunakan satu warna hasilnya dapat sedikit berbeda dari yang digambarkan oleh kotak tersebut.

3.Gunakan pakaian yang mudah dilepas

Untuk menghindari noda pada pakaian kenakan pakaian handuk atau kemeja berkancing depan sehingga Anda mudah melepasnya ketika hendak membilas.

4.Bersihkan garis rambut dengan lipbalm

Oleskan lipbalm di sepanjang garis rambut termasuk telinga untuk melindungi kulit dari noda pewarna.

5. Jangan keramas dulu

Sebaiknya tidak mencuci rambut sebelum proses pewarnaan, seperti mengutip Byrdie. Biarkanlah minyak alami pada kulit kepala keluar sebagai pelindung untuk mencegah kerusakan dari bahan kimia.

Untuk itu, Anda bisa keramas minimal 24 jam sebelum mewarnai rambut. Hal itu akan membantu pewarna menembus rambut tanpa terlalu bersih dan rentan terhadap efek pewarna.

6.Belah rambut

Cara mewarnai rambut sendiri di rumah yang berikutnya adalah dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian. Jumlah bagian yang Anda perlukan bergantung pada seberapa banyak rambut yang dikerjakan.

Biasanya Anda perlu membagi rambut menjadi empat bagian yaitu dua bagian di atas dan dua bagian di bawah.

7.Warnai dari ujung ke akar

Warnai rambut dari ujung rambut lalu ke bagian akar. Sebab rambut di bagian akar cenderung lebih cepat menyerap pigmen warna. Jika dilakukan sebaliknya, hasil semir rambut dapat terlihat belang.

Selain itu, oleskan pewarna secara merata dan pastikan seluruh helai rambut terlapisi cat dengan sempurna.

Anda juga perlu berhati-hati mengoleskan cat pewarna di sekitar akar rambut. Sebab bahan kimianya bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

8.Diamkan rambut

Setelah rambut selesai dioleskan pewarna, bilas rambut tanpa menggunakan sampo. Jika ingin keramas, tunggulah setidaknya minimal 24 jam sebelum mencucinya dengan sampo.

Hal itu disebabkan pigmen yang baru saja menetap dan kutikula batang rambut masih mencoba untuk kembali ke keadaan normal, dikutip dari Byrdie.

Selain itu, sebisa mungkin hindari berenang di kolam renang dahulu selama beberapa hari setelah rambut diwarnai. Sebab, paparan klorin yang ada dalam kolam renang bisa membuat warna rambut baru menjadi lebih cepat luntur.

9. Gunakan produk perawatan untuk rambut berwarna

Anda bisa memulai perawatan berikutnya setelah proses pewarnaan selesai. Sebaiknya gunakan sampo dan kondisioner yang aman untuk rambut berwarna supaya tidak cepat pudar.

Bila perlu, lakukan perawatan ekstra dengan memakai vitamin atau serum dan masker rambut untuk memberikan nutrisi sehingga membantu meningkatkan kualitas rambut dan membuatnya tetap sehat. (Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *