Orangtua Catat, Ini Loh Tinggi Ideal Anak Laki Laki

sebagian besar anak laki-laki menyelesaikan pertumbuhan mereka pada usia 16 tahun

Headline, Konten272 Views

Channel Indonesia – Orangtua menginginkan  anak anaknya memiliki berat badan dan tinggi yang ideal, berat badan ideal dan tinggi badan ideal berhak dimiliki oleh setiap anak laki laki dan perempuan. Orangtua wajib tau berapa berat badan ideal anak laki laki?

Pertambahan tinggi badan anak harus diukur secara berkala, sehingga jika ada perlambatan pertumbuhan bisa segera diidentifikasi sebelum terjadi stunting atau risiko perawakan pendek.

Melansir KidsHealth, sebagian besar anak laki-laki menyelesaikan pertumbuhan mereka pada usia 16 tahun. Percepatan pertumbuhan tinggi badan terjadi selama masa pubertas.

Namun, tingkat pertumbuhan bisa sangat bervariasi, karena anak laki-laki mengalami pubertas pada usia yang berbeda. Rata-rata, anak laki-laki cenderung tumbuh sekitar 7,6 sentimeter per tahun selama periode pubertas.

Menentukan tinggi badan anak yang ideal, digunakan tabel tinggi badan anak (TB) menurut usia (U) atau indeks TB/U yang mengacu pada WHO Child Growth Standards.

Indeks tinggi badan (TB) digunakan pada anak berusia di atas 24 bulan yang diukur dengan posisi berdiri. Pada tabel tinggi badan anak menurut usia berdasarkan WHO, Anda akan melihat banyak nilai skor.

Menurut WHO dalam Height-for-age BOYS 5 to 19 years (percentiles), median (nilai tengah) tinggi ideal anak laki-laki, adalah sebagai berikut:

-Usia 5 tahun: 110,3 cm

-Usia 6 tahun: 116.0 cm

-Usia 7 tahun: 121.7 cm

-Usia 8 tahun: 127.3 cm

-Usia 9 tahun: 132.6 cm

-Usia 10 tahun: 137.8 cm

-Usia 11 tahun: 143.1 cm

-Usia 12 tahun: 149.1 cm

-Usia 13 tahun: 156.0 cm

-Usia 14 tahun: 163.2 cm

-Usia 15 tahun: 169.0 cm

-Usia 16 tahun: 172.9 cm

-Usia 17 tahun: 175.2 cm

-Usia 18 tahun: 176.1 cm

-Usia 19 tahun: 176.5 cm

Orang tua bisa melakukan sejumlah cara sederhana untuk mendapatkan tinggi ideal anak laki-laki. Berikut ini sejumlah caranya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.Stretching

Salah satu cara efektif untuk menambah tinggi badan anak adalah mengajaknya berolahraga. Peregangan jadi salah satu jenis olahraga yang praktis dan efektif tanpa memerlukan alat apapun.

Sebagaimana dikutip Stylecraze, ajak anak untuk berdiri dengan punggung menempel pada dinding. Minta anak untuk mengangkat tangannya setinggi mungkin.

Kemudian, ajak anak untuk mengambil posisi duduk dan punggung menempel di dinding, tahan lalu berdiri lagi. Latihan bisa diulang 10 kali dalam sehari.

2.Bermain gantung dan panjat

Biasanya di taman terdapat permainan panjat atau tiang yang bisa dijadikan tempat bergelantung.

Rupanya permainan ini jika rutin dilakukan bisa menambah tinggi badan anak dengan menarik dan meluruskan tulang belakang anak. Cukup 10 menit sehari dan dilakukan rutin, tinggi badan anak bisa bertambah.

3.Skipping

Permainan sekaligus olahraga lain untuk mencapai tinggi ideal anak laki-laki adalah skipping atau lompat tali. Ini tidak harus dilakukan di taman atau playground apalagi di tengah pandemi, cukup di rumah saja.

Saat anak bermain dengan skipping-nya, tubuh akan meregang dan makin tinggi. Ini jadi cara menambah tinggi badan dengan cara yang menyenangkan.

4. Renang

Anak yang menyukai air akan senang saat diajak berenang. Renang menuntut anak untuk menggerakkan seluruh anggota badan mereka. Otot-otot pun makin terlatih, tubuh makin kuat, dan ramping.

Seperti dilansir dari Lifehack, olahraga pun akan meningkatkan ketahanan, fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Selain renang, Anda bisa mengajak anak memilih jenis olahraga lain yang disukai sekaligus untuk mencapai tinggi ideal anak laki-laki seperti lari, sepak bola, basket atau voli.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *