Kutipan Hikmah Dari Sayyidina Ali Bin Abi Thalib: Sebesar Besarnya Dosa yang Dianggap Ringan

Sebesar-besarnya dosa itu ialah dosa yang dianggap ringan oleh pelakunya

Headline, Konten390 Views

Channel Indonesia – Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA adalah Pintu Ilmu dan banyak menebarkan nasihat untuk seluruh umat muslim salah satunya adalah mengenai perkara dosa.

Menurut Sayyidina Ali RA, dosa paling besar adalah dosa yang dianggap ringan. Ia pernah berkata, “Sebesar-besarnya dosa itu ialah dosa yang dianggap ringan oleh pelakunya.”

Mengutip buku Samudra Hikmah Ali bin Abi Thalib RA karya Latifatul Umamah, nasihat Ali bin Abi Thalib RA tersebut merupakan ungkapan kehati-hatian dan sebagai peringatan bagi manusia agar tidak meremehkan dosa sekecil apa pun.

“Dosa itu ibarat bola salju yang menggelinding; semakin lama semakin besar. Dosa yang kita lakukan juga akan menyeret dosa-dosa lainnya,” jelas buku tersebut seperti dikutip.

Perkara meremehkan dosa ini juga diterangkan Ibnu Qudamah dalam Kitab Mukhtashar Minhajul Qashidin. Dijelaskan, dosa kecil bisa berubah menjadi besar ketika seseorang meremehkannya. Sementara itu, kata Ibnu Qudamah, selagi suatu dosa dianggap besar oleh hamba, maka dosa itu menjadi kecil di sisi Allah SWT.

Mengenai hal tersebut, Ibnu Mas’ud mengatakan, “Sesungguhnya orang mukmin itu melihat dosa-dosanya seakan-akan dia sedang berada di kaki gunung. Dia takut itu akan menimpa dirinya, dan sesungguhnya orang yang durhaka itu melihat dosa-dosanya seperti seekor lalat yang hinggap di hidungnya, lalu dia berkata, ‘Cukup begini saja.’ Maksudnya cukup dengan menepiskan tangannya.”

Perkataan Ibnu Mas’ud tersebut ditakhrij dalam Ash-Shahihain.

Dalam riwayat yang berasal dari Anas dikatakan, “Sesungguhnya kalian benar-benar melakukan berbagai macam perbuatan, yang dalam pandangan kalian lebih kecil daripada sehelai rambut. Andaikan kami mempertimbangkannya pada Rasulullah SAW, maka perbuatan-perbuatan itu termasuk dosa besar.” (HR Bukhari)

Selain memberikan nasihat perkara dosa, Ali bin Abi Thalib RA juga memberikan nasihat tentang penyakit yang paling menyulitkan, lisan orang yang berakal, hingga nasihat untuk berdagang kepada Allah SWT jika seseorang jatuh miskin. Berikut sejumlah nasihat Ali bin Abi Thalib RA dirangkum dari sumber yang sama.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *