Apakah Berbahaya Jika Konsumsi Ice Cream Setiap Hari?

Ice cream merupakan cemilan keluarga karena bisa dikonsumsi oleh semua usia. Selain itu, ice cream juga memiliki ragam rasa, topping, jenis yang membuat orang menjadi sulit menolak akan kenikmatan cemilan yang satu ini.

Headline, Konten342 Views

Channel Indonesia –  Konsumsi ice cream menjadi menu kesukaan di saat cuaca panas karena menjadi suatu hal yang menyegarkan dan menyenangkan. Tetapi, bagaimana kondisi tubuh saat anda makan ice cream setiap hari?

Ice cream merupakan cemilan keluarga karena bisa dikonsumsi oleh semua usia. Selain itu, ice cream juga memiliki ragam rasa, topping, jenis yang membuat orang menjadi sulit menolak akan kenikmatan cemilan yang satu ini.

Jika anda adalah salah satu pecinta ice cream. Maka berikut ini adalah efek samping  jika anda konsumsi cemilan ini setiap hari.

Namun, tak hanya efek buruk konsumsi ice cream setiap hari juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, Lho.

1 . Meningkatkan fertilitas

Ahli epidemiologi dari Harvard University pada 2008 berbagi faktor diet tertentu yang dapat membantu pejuang infertilitas ovulasi memiliki hasil kesuburan yang lebih baik.

Mereka menemukan bahwa asupan susu tinggi lemak dapat membantu mendukung populasi ini. Para peneliti secara eksplisit berbagi bahwa satu porsi es krim juga bisa digunakan sebagai pilihan susu tinggi lemak.

2.Gigi berlubang

Jika Anda tidak menyikat gigi segera setelah konsumsi es krim, kebiasaan makan es krim mungkin meningkatkan peluang terkena gigi berlubang.

“Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tanpa menyikat gigi sesudahnya dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut Anda,” kata Jack Hirschfeld, Ahli Bedah Mulut dan Anggota Fakultas di Sekolah Kedokteran Gigi Osteopathic Medicine Lake Erie College dikutip dari Eat This Not That!

Secara khusus, Hirschfeld mengatakan konsumsi gula dapat menyebabkan kerusakan gigi. Dan karena banyaknya es krim yang dibuat dengan gula, memakannya setiap hari jelas tidak cocok untuk kesehatan gigi.

3. Kurang tidur

Beberapa orang percaya bahwa makan es krim di malam hari bisa membantu menenangkan pikiran mereka sehingga mereka bisa tertidur lebih cepat. Namun, sebuah studi penting dalam Journal of Sleep Medicine pada 2016 menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan rendah serat dan tinggi lemak jenuh dikaitkan dengan tidur yang lebih ringan dan lebih banyak terbangun di malam hari.

Mengonsumsi lebih banyak gula, terutama di malam hari, mengurangi jumlah tidur nyenyak, gelombang lambat, dan restoratif yang dapat dimanfaatkan tubuh Anda.

4.Kenaikan berat badan

Es krim dapat mengandung kalori dalam jumlah tinggi, yang merupakan faktor kenaikan berat badan. Jika makan es krim menyebabkan tubuh Anda kelebihan kalori, kebiasaan makan es krim setiap hari tidak dianjurkan.

5.Tingkatkan risiko perlemakan hati non-alkohol

Beberapa es krim dimaniskan dengan fruktosa. Dan telah terbukti bahwa makan setidaknya satu porsi makanan yang dibuat dengan fruktosa setiap hari, seperti es krim tertentu, terkait dengan peningkatan risiko penyakit hati berlemak non-alkohol, atau kondisi di mana kelebihan lemak menumpuk di tubuh Anda.

6.Menyehatkan tulang

Kalsium adalah nutrisi utama yang mendukung kesehatan tulang. Setengah cangkir es krim mengandung lebih dari 80 miligram kalsium, membantu mengisi tubuh Anda dengan mineral penting. Es krim juga mengandung magnesium dan seng – dua nutrisi pendukung kesehatan tulang lainnya.

7.Efek negatif untuk kesehatan jantung

Mengkonsumsi terlalu banyak gula tambahan bisa berdampak negatif pada kesehatan jantung Anda. The American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan tidak lebih dari 6 persen kalori setiap hari.

8.Kembung

Jika Anda memiliki intoleransi laktosa, mengonsumsi es krim dapat membuat Anda mengalami sakit perut, diare, kembung, atau gejala gastrointestinal yang tidak menyenangkan lainnya.

Kabar baiknya adalah ada banyak pilihan es krim bebas susu yang tersedia saat ini, memberikan solusi bagi mereka yang tidak dapat mentolerir produk susu.

Itulah sejumlah efek yang akan terjadi jika makan es krim setiap hari.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *