Manfaat dan Kendala Bekerja dari Rumah, Apa saja?

Setelah masa pandemi, muncul sistem kerja baru yang disebut hybrid, yaitu bekerja di kantor dan rumah secara bergantian.

Headline, Konten477 Views

Channel Indonesia – Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem kerja di Indonesia seperti bekerja dari rumah menjadi sebuah kebiasaan. Banyak perusahaan di Indonesia yang menjadikan WFH untuk menghindari penyebaran virus.

Setelah masa pandemi, muncul sistem kerja baru yang disebut hybrid, yaitu bekerja di kantor dan rumah secara bergantian. Kedua sistem kerja ini mengandalkan internet sebagai sarana komunikasi dan akses ke berbagai sarana pendukung yang dibutuhkan dalam bekerja.

Manfaat Kerja dari Rumah

Survei Databoks menunjukkan 68 persen pekerja di Indonesia berharap perusahaan tetap menerapkan sistem kerja hybrid pascapandemi. Sementara 23 persen menginginkan sistem kerja penuh dari rumah (WFH).

Keinginan tersebut cukup beralasan, karena para karyawan ini merasakan manfaat yang positif dengan bekerja dari rumah, yaitu.

1. Fleksibilitas waktu

2. Efisiensi biaya

3. Work life balance

4. Menurunkan stres

Adianty Putri Sudrajat yang bekerja sebagai tim database di sebuah perusahaan media digital mengungkapkan bekerja dari rumah bisa lebih hemat karena tidak mengeluarkan biaya transportasi.

“Pastinya bekerja di rumah bisa lebih hemat, karena tidak keluar biaya transportasi. Pekerjaan bisa lebih cepat selesai karena waktunya digunakan hanya untuk bekerja. Bekerja jadi lebih produktif,” ujar Adianty dalam keterangan tertulis, Minggu (4/6/2023).

Manfaat kerja dari rumah juga dirasakan oleh Newton Ongko yang berdomisili di Medan. Newton bekerja di sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, dan opsi WFH sangat membantunya dalam bekerja.

Fleksibilitas waktu juga dirasakan oleh Jose Renaldo, IT Lead di sebuah perusahaan berbasis digital. Ia mengungkapkan bekerja dari rumah membuatnya lebih fokus sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu.”Kerja bisa lebih fleksibel karena bisa dikerjakan kapan saja, selama tidak melewati deadline yang telah ditentukan. Komunikasi dengan tim dan rekan kerja juga terbantu dengan jaringan internet yang baik,” imbuhnya.

“Bekerja dari rumah membuat saya lebih fokus, karena tidak terdistraksi oleh waktu ngobrol dengan rekan kerja, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu,” ungkap Jose.

Selain fleksibilitas, kerja dari rumah juga membantu karyawan menjadi lebih produktif, sekaligus menghemat biaya transportasi dan makan siang.

“Waktu kerja jadi lebih panjang, karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk ke dan pulang kantor,” tambah Jose.

Kendala Bekerja dari Rumah

Meski manfaat bekerja dari rumah sangat dirasakan oleh para karyawan yang memilih sistem kerja WFH, namun tetap ada kendala, di antaranya.

Koneksi internet yang lambat

Kurangnya interaksi sosial

Gangguan dari lingkungan sekitar

Dari ketiga kendala tersebut, koneksi internet yang lambat atau tidak stabil menjadi masalah utama yang kerap dihadapi oleh para karyawan yang bekerja dari rumah.

Survei yang dilakukan oleh perusahaan yang berfokus pada kecepatan internet bernama Ookla di tahun 2020, menempatkan Indonesia di peringkat 111 dari 132 negara dalam hal kecepatan internet. Kecepatan rata-rata internet di Indonesia hanya sekitar 15 Mbps.

Memang, Internet yang cepat dan stabil adalah sebuah solusi untuk memudahkan kerja dari rumah dengan beberapa manfaat seperti:

Komunikasi yang mudah

Kecepatan mengakses layanan penyimpanan (unggah dan unduh)

Fleksibilitas dalam mengatur waktu kerja

Meningkatkan produktivitas

Jose yang kebetulan juga menggunakan provider internet IndiHome di rumahnya mengungkapkan hal yang sama.

“Selama bekerja di rumah sih aman, ya pakai IndiHome, kecuali pada akhir bulan kadang kala penggunaannya melebihi batas FUP, jadinya agak lambat, dan kadang kala IndiHome yang suka tiba-tiba error dan harus restart,” jelas Jose.

“Kalau ada masalah yang tidak bisa diatasi sendiri, biasanya buka laporan di CS. Setelah itu, langsung ada teknisi yang sigap datang bantu checking issue di device saya,” sambungnya.

Sebagai pengguna IndiHome dari Telkom Indonesia, Syahla merasa terbantu dengan dukungan dari customer service (CS) yang dapat menyelesaikan masalahnya dengan cepat.Sementara itu, Syahla yang bekerja di perusahaan shopping search engine adalah satu dari sekian karyawan yang bekerja dari rumah, dan terkadang menghadapi kendala berupa jaringan internet Wi-Fi di rumah yang bermasalah.

“Ketika internet lambat atau error, CS IndiHome cukup tanggap, sih. Biasanya keluhan lebih cepat diproses ketika menghubungi IndiHome melalui CS di Twitter,” ungkap Syahla.

Kesimpulannya, internet memungkinkan komunikasi yang cepat dan mudah, kolaborasi yang efektif, akses informasi yang cepat, fleksibilitas, dan meningkatkan produktivitas. Kehadiran internet telah menjadi jalan keluar bagi mereka yang ingin bekerja dari rumah. (Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *