Cara Mudah Print Excel agar Tidak Terpotong, Perhatikan Print Area ‎

Microsoft Excel atau Excel merupakan sebuah aplikasi yang masih menjadi favorit masyarakat di Indonesia untuk membantu pekerjaan dalam mengolah data

Konten499 Views

Channel Indonesia – Microsoft Excel atau Excel merupakan sebuah aplikasi yang masih menjadi favorit masyarakat di Indonesia untuk membantu pekerjaan dalam mengolah data dan angka dalam bentuk tabel. Data yang diolah kemudian dapat dicetak secara fisik atau diprint.

Sebenarnya untuk mencetak file excel tergolong sangat mudah. Penggunanya hanya perlu masuk ke menu File yang berada di sebelah Beranda, dan langsung pilih Cetak/Print.

Namun ternyata tak sedikit dari orang-orang yang kerap kali mengalami kendala saat melakukan hal tersebut. Ada saja dari mereka yang filenya terpotong setelah dicetak.

Terdapat beberapa cara dalam melakukan print Excel agar tidak terpotong yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

Cara Print Excel agar Tidak Terpotong

1. Mengatur ukuran kertas

Menyesuaikan ukuran kertas dengan lembar kerja merupakan hal utama yang harus dilakukan. Dengan menyesuaikan ukuran kertas, maka tidak ada lagi bagian dari lembar kerja yang terpotong.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka perangkat laptop atau PC yang akan digunakan.
  • Masuk pada file Excel yang ingin dicetak.
  • Jika sudah terbuka, selanjutnya klik pada tab Page Layout.
  • Kemudian klik opsi Page Setup.
  • Lalu klik opsi Size dengan ikon bergambar kertas.
  • Setelah itu pilih ukuran kertas sesuai dengan keinginan.
  • Selanjutnya klik More Paper Sizes di bagian paling bawah untuk mengatur ukuran jika ukuran default tidak ada yang dipilih.
  • Terakhir print lembar kerja tersebut.
2. Mengatur orientasi pada halaman cetak

Tidak hanya ukuran kertas, orientasi halaman cetak juga harus sesuai dengan ukuran lembar kerja. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka perangkat laptop atau PC yang akan digunakan.
  • Masuk pada file Excel yang ingin dicetak.
  • Jika sudah terbuka, klik tab Page Layout.
  • Setelah itu, klik pada opsi Page Setup.
  • Kemudian klik pada opsi Orientation.
  • Selanjutnya pilih opsi ‘Potrait’ atau ‘Landscape’.
  • Terakhir print lembar kerja tersebut.
3. Mengatur margin halaman

Margin merupakan tepi yang digunakan sebagai batas halaman yang dicetak. Untuk menghindari lembar kerja yang terpotong, maka sebelumnya harus mengatur margin sesuai dengan lembar kerja dan ukuran kertas terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatur margin halaman.

  • Buka perangkat laptop atau PC yang akan digunakan.
  • Masuk pada file Excel yang hendak dicetak.
  • Kemudian klik pada tab Page Layout.
  • Setelah itu, klik opsi Page Setup.
  • Lalu klik pada opsi Margins.
  • Selanjutnya pilih ukuran batas tepi sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan.
  • Jika tidak ada yang cocok, maka atur ukuran batas tepi secara mandiri dengan menekan opsi Custom Margin di bagian paling bawah dropdown.
  • Kemudian masukkan ukuran tepi kanan-kiri-atas-bawah sesuai keinginan.
  • Jika sudah, print lembar kerja tersebut.
4. Menggunakan fitur Print Area

Print area adalah lokasi lembar kerja yang akan muncul di kertas saat dicetak. Dengan mengatur print area, maka tidak ada bagian dari lembar kerja di Excel yang akan terpotong.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Buka perangkat laptop atau PC yang akan digunakan.
  • Masuk pada file Excel yang hendak dicetak.
  • Kemudian klik pada tab Page Layout.
  • Setelah itu, klik opsi Page Setup.
  • Lalu klik opsi Print Area.
  • Selanjutnya klik pada opsi Set Print Area’.
  • Terakhir cetak lembar kerja dan area yang dipilih yang akan tercetak.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *