Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan ‎

Sebagian besar orang akan lebih memilih untuk mandi menggunakan air hangat.

Konten261 Views

Channel Indonesia – Sebagian besar orang akan lebih memilih untuk mandi menggunakan air hangat. Hal ini karena mandi air hangat memang dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti tubuh jadi lebih rileks, melancarkan peredaran darah serta membantu mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Namun, ternyata mandi air dingin juga punya manfaat kesehatan.

Sebagian besar orang akan menolak atau menghindar untuk mandi dengan air dingin, terutama di saat pagi hari. Namun, mandi menggunakan air dingin ternyata baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasannya.

Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin
1. Mempercepat pemulihan nyeri otot dan pegal linu

Mandi air dingin sangat efektif dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat seperti beberapa hari setelahnya. Air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

2. Menjaga agar rambut berkilau dan kulit terhidrasi

Saat mandi dengan air panas, pori-pori akan terbuka, tetapi mandi air dingin dapat mengencangkan pori-pori untuk sementara dan membantu mempertahankan minyak alami di kulit dan rambut.

Mereka yang rentan terhadap kulit kering atau khawatir dengan rambut kering dan rapuh mungkin bisa mempertimbangkan untuk membilas dengan air dingin sesering mungkin. Sebaliknya, pada tubuh yang berjerawat atau merasa kulit Anda membutuhkan pembersihan yang baik, mandi menggunakan air hangat adalah yang terbaik.

3. Meringankan stres

Membiarkan tubuh diguyur air dingin tanpa basa-basi dapat membantu mempromosikan peningkatan toleransi tubuh terhadap stres, secara fisik dan mental. Terdapat juga peningkatan gluthathione, antioksidan yang membuat semua antioksidan lainnya berada di tingkat optimal. 4. Meningkatkan sirkulasi Darah

4. Melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh

Mandi pagi dapat menurunkan risiko hipertensi, varises, dan mengerasnya pembuluh darah. Pasalnya, mandi pagi dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Alhasil, tubuh akan menjadi lebih segar, bugar, dan rileks untuk menjalani banyak aktivitas nantinya.

Saat tubuh kita menyentuh air dingin, tubuh secara alami beralih ke mode bertahan hidup dan bereaksi dengan cara meningkatkan detak jantung. Air dingin membuat sistem peredaran darah menjadi overdrive, menyebabkan jantung memompa lebih efisien dan menyebabkan keseluruhan sirkulasi di seluruh tubuh meningkat.

Dengan peningkatan sirkulasi, seseorang mungkin akan merasakan kulit lebih bersih dari noda yang mengganggu seiring waktu dan terlihat lebih sehat secara keseluruhan.

Selain itu, mandi pagi dengan air dingin juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sentuhan langsung antara kulit dengan air dingin dapat memicu respons termal tubuh sehingga membantu meningkatkan laju metabolisme di dalamnya.

5. Membantu mendukung fungsi kognitif

Mandi pagi dengan air dingin juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Hal ini dapat membantu kamu berkonsentrasi, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar stres dalam tubuh.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mandi pagi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Air dapat memperbaiki sirkulasi dengan mendorong darah mengelilingi organ tubuh. Ketika air menyentuh tubuh, terjadi peningkatan kinerja arteri dalam memompa darah sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kondisi ini juga dapat memicu penurunan tekanan darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bahkan, mandi pagi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan berbagai virus dan penyakit.

7. Membantu mengelola depresi

Paparan berulang terhadap air dingin telah terbukti dapat membantu mengurangi gejala depresi akibat dampak intens yang diterima reseptor dingin di kulit, yang mengirim jumlah yang banyak impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak. Hal ini dapat menghasilkan efek antidepresif, dan meningkatkan suasana hati, membuat seseorang menjadi lebih bersemangat menjalani hari.

Selain itu, beradaptasi dengan paparan air dingin dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangani aspek psikologis lainnya yang menyertai kecemasan dan depresi.

8. Mencegah Jerawat

Manfaat mandi air dingin juga dipercaya dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan membuat wajah terlihat lebih muda. Pasalnya, mandi dengan air dingin bisa mengecilkan pori-pori wajah. Maka dari itu, kotoran dan sebum tidak menumpuk.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *