Ini 11 Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan ‎

Walau berukuran kecil, belimbing wuluh ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.

Headline, Konten256 Views

Channel Indonesia – Belimbing Wuluh atau sering disebut juga Belimbing Sayur memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Walau berukuran kecil, belimbing wuluh ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.

Belimbing wuluh atau yang memilki nama ilmiah Averrhoa bilimbi merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Belimbing wuluh ini masih memiliki kerabat dengan belimbing.

Buah yang memiliki cita rasa sangat asam ini sering kali dijadikan bahan masakan untuk berbagai makanan, seperti gulai ikan, tongseng, atau garang asam.

Belimbing wuluh mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Termasuk vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, flavonoid, tanin, dan terpen. Berbagai nutrisi tersebut berperan dalam memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

Belimbing wuluh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan dalam buah tersebut terkandung antioksidan dan memiliki efek astringen karena kandungan asamnya yang tinggi.  Berikut beberapa manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan.

Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan
1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam belimbing wuluh berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, vitamin ini juga diketahui dapat merangsang pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Mangatasi wasir

Belimbing wuluh mengandung zat antiinflamasi yang kuat yaitu tanin dan terpen. Hal ini dapat mmembantu mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum, atau yang dikenal sebagai wasir.

Biasanya, dengan memakan Belimbing Sayur mampu meredakan wasir dengan gunakan ekstrak buah dan daun belimbing di area yang sakit untuk mengurangi peradangan, pendarahan, dan rasa sakit.

3. Meredakan flu dan batuk

Belimbing Sayur memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga buah tersebut membantu sistem kekebalan tubuh.

Kandungannya dapat mengobati batuk dan pilek yang disebabkan oleh perubahan musim dan alergi, dan mengonsumsinya juga membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh.

4.  Menjaga kadar gula darah

Kandungan antioksidan dan serat Belimbing Sayur membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan sudah ada penelitiannya.

Belimbing wuluh mengandung banyak flavonoid dan serat makanan. Kandungan tersebut bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara mendadak setelah makan. Dengan begitu, buah ini dapat membantu mengelola gejala diabetes.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan kalium di dalam belimbing wuluh membantu melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

6. Meringankan kram otot.

Belimbing wuluh diketahui memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang baik. Karena kandungan tersebut, belimbing wuluh sering dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri otot dan menenangkan kram di jaringan ikat.

7. Memperkuat kesehatan tulang

Untuk mendapatkan manfaat kalsium yang cukup, seperti meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga integritas struktural kerangka dalam tubuh, maka Belimbing Sayur bisa menjadi solusi baik dengan konsumsi buahnya maupun ekstraknya

8. . Mencerahkan kulit dan mengurangi jerawat

Asam oksalat dan vitamin A yang ditemukan dalam buah belimbing wuluh, dapat membantu mengurangi dan menenangkan jerawat yang meradang serta menyakitkan.

Sementara itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membuat kulit lebih cerah, mengurangi flek hitam, dan menjaga kulit tetap kencang. Sebab vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, zat yang dibutuhkan untuk menjaga warna kulit.

Untuk menghilangkan jerawat, oleskan buah belimbing wuluh yang sudah dihaluskan pada wajah yang sudah bersih sebagai masker wajah. Kemudian diamkan minimal selama 30 menit, atau sampai masker mengering. Lalu basuh wajah dengan air hangat.

Lakukan cara di atas setiap hari, setidaknya selama tiga hari dalam seminggu. Selain itu, kamu juga bisa membuat jus atau camilan dengan Belimbing Sayur untuk menambah nutrisi.

9. Mencegah risiko kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan flavonoid dan saponin dalam Belimbing Sayur membantu mencegah risiko terkena penyakit kanker.

Kandungan antioksidan ini dapat menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat Belimbing Sayur yang baik bagi kesehatan, meskipun memiliki rasa asam kecut serta gampang rontok pohonnya

10. Mencegah anemia

Belimbing wuluh juga tinggi zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Kekurangan zat besi dikaitkan dapat mengembangkan gejala anemia. Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam aliran darah yang mengikat oksigen dan nutrisi lain dalam darah dan membawanya ke setiap bagian tubuh.

11. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler

Belimbing wuluh mengandung aktivitas antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dan stroke.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *