Masuk Grup Neraka, Indonesia tergabung di Grup A Bersama Tuan Rumah Qatar ‎pada AFC U-23 2024‎

Indonesia merupakan satu-satunya tim pendatang baru di ajang ini.

Konten156 Views

Channel Indonesia – Timnas U-23 Indonesia tergabung bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania masuk di Grup A Piala AFC U-23 2024. Hal ini sesuai dengan drawing yang telah dilakukan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Doha, Qatar pada Kamis (23/11).

Sebelum pengundian, Indonesia masuk dalam pot 4 bersama Malaysia, Tajikistan, dan China. Adapun pot 1 diisi Qatar, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Jepang.

Sementara pada pot 2 terdapat Australia, Irak, Vietnam, dan Korea Selatan. Terakhir pada pot 3 diisi Thailand, Yordania, Uni Emirat Arab, dan Kuwait.

Indonesia merupakan satu-satunya tim pendatang baru di ajang ini. Sedangkan Qatar, Australia dan Yordania sudah lebih berpengalaman. Tercatat Australia dan Qatar ikut di ajang ini tahun 2022, sedangkan Yordania menjadi peserta tahun 2013

Penyelenggaraan Piala Asia AFC U-23 2024

Piala Asia U-23 2024 sendiri akan digelar di empat kota di Qatar pada 15 April–3 Mei 2024. Turnamen ini nantinya akan diikuti oleh 16 negara yang tergabung dalam Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Belum ada jadwal pasti untuk pertandingan Indonesia di Piala Indonesia. Namun, Indonesia dipastikan memainkan laga penyisihan pada pertengahan bulan April dengan menghadapi Qatar di laga pertama diikuti versus Australia dan Yordania.

Dari Asia Tenggara, Indonesia adalah satu dari empat negara yang lolos ke Piala Asia U-23. Selain Indonesia ada Thailand, Vietnam, dan negeri Jiran Malaysia.

Thailand tergabung di grup C bersama Irak, Arab Saudi, dan Tajikistan. Sementara Vietnam dan Malaysia bakal berjibaku di grup D bersama Uzbekistan dan Kuwait.

Timnas Indonesia sendiri lolos ke putaran final dengan status juara grup K pada babak kualifikasi. Indonesia meraih enam angka hasil dua kemenangan dengan mengalahkan Chinese Taipei 9-0 dan menang atas Tajikistan dengan skor 2-0.

Lolosnya Garuda Muda ke Piala Asia U-23 diapresiasi tak hanya karena merupakan sejarah namun juga karena cara bermain di babak kualifikasi. Timnas U-23 boleh dibilang sebagai tulang punggung untuk masa depan Timnas Indonesia senior.

Selain itu, Piala Asia U-23 juga menjadi peluang bagi Indonesia untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Syaratnya Indonesia harus bisa menempati posisi tiga besar.

Hal ini dikarenakan piala AFC U-23 2024 sekaligus akan  menjadi ajang kualifikasi Asia untuk sepak bola Olimpiade Paris 2024. Dimana tiga besar AFC ini akan lolos ke Olimpiade, sedangkan tim peringkat keempat akan mengikuti Play-off terlebih dahulu melawan tim dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) untuk memperebutkan tiket Olimpiade.

 

Daftar Hasil Undian Piala Asia U-23 2024

Grup A

Qatar, Australia, Yordania, Indonesia

Grup B

Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, China

Grup C

Arab Saudi, Irak, Thailand, Tajikistan

Grup D

Uzbekistan, Vietnam, Kuwait, Malaysia

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *