Ini 6 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kelelahan

Lelah merupakan sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan energi, baik secara fisik maupun emosional.

Konten299 Views

Channel Indonesia – Lelah merupakan sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan energi, baik secara fisik maupun emosional. Rasa lelah dapat muncul kapan saja. Rasa lelah dapat timbul akibat aktivitas fisik dan mental yang berlebihan tanpa mendapatkan istirahat yang cukup.

Sebagian besar orang merasa kelelahan akibat pekerjaan, stres, bertengkar dengan pasangan, mengurus anak, juga gaya hidup yang buruk, serta faktor lainnya.

Biasanya, kelelahan dapat membuat seseorang seolah-olah tidak memiliki tenaga dan tidak sanggup melanjutkan aktivitas. Bukan tidak mungkin, kondisi kelelahan dapat membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit.

  Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu mengatasi kelelahan.
1. Menurunkan berat badan

Jika tubuh Anda kelebihan berat badan, hal ini dapat membuat Anda merasa kelelahan. Hal ini juga memberi tekanan ekstra pada jantung, yang bisa membuat Anda lelah. Menurunkan berat badan dan Anda akan merasa jauh lebih energik.

Selain makan makanan yang sehat, cara terbaik untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan adalah dengan lebih aktif dan lebih banyak berolahraga.

2. Olahraga

Olahraga teratur akan membuat rasa lelah berkurang dalam jangka panjang, sehingga Anda punya lebih banyak energi. Berjalan kaki selama 15 menit saja dapat memberi tambahan energi, dan manfaatnya meningkat seiring dengan semakin seringnya aktivitas fisik.

Mulailah dengan sedikit olahraga seperti jogging. Tingkatkan secara bertahap dari mulai minggu, bulan, hingga mencapai target yang disarankan yaitu 2 jam 30 menit latihan aerobik intensitas sedang, seperti bersepeda atau jalan cepat, setiap minggu.

3. Minum banyak air putih

Merasa lelah merupakan salah satu tanda dari dehidrasi. Sehingga ketika tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik maka rasa lelah pun akan muncul. Minumlah air putih yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan Anda sehari. Banyak yang mengatakan bahwa minimal minum 8 gelas per hari, tetapi hal ini kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. Semakin tinggi tingkat aktivitas yang dilakukan maka semakin banyak air mineral yang dibutuhkan dalam satu hari.

4. Makan makanan yang sehat

Cara yang baik untuk menjaga energi sepanjang hari adalah dengan mengonsumsi makanan teratur dan camilan sehat setiap 3 hingga 4 jam, dibandingkan dengan makan besar lebih jarang.

5. Kurangi konsumsi kafein

Kafein memang membuat tubuh terstimulasi dan segar kembali, tetapi hal ini hanya terjadi sebentar dan kemudian tubuh akan kembali lelah, bahkan akan bertambah lelah. Jika Anda sedang merasa lelah, mengonsumsi kafein bukanlah hal yang bisa menurunkan atau menghilangkan kelelahan tetapi malah meningkatkan rasa lelah pada diri Anda.

Untuk itu, hndari konsumsi kafein setelah makan malam, agar Anda dapat beristirahat dengan nyenyak di malam hari. Hal ini dapat membantu mengatasi kelelahan yang menyerang.

6. Tidur nyenyak dan berkualitas

Banyak orang tidak bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas akibat tubuh yang waspada sepanjang hari. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan. . Untuk itu, untuk mengatasi kelelahan dibutuhkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, Anda dapat melakukan beberapa hal antara lain,  mengatur waktu tidur dan bangun di pagi hari pada waktu yang sama setiap hari. Tidak tidur siang di siang hari, meluangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur, dan mengurangi stres untuk meningkatkan energi.

Stres dapat  menghabiskan banyak energi. Untuk mengatasi stres, kita bisa melakukan olahraga, yoga atau tai chi, mendengarkan musik atau membaca, menghabiskan waktu bersama teman-teman, serta melakukan hal positif lain yang dapat membuat Anda rileks akan meningkatkan energi Anda.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *