Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

au badan merupakan salah satu masalah yang sering membuat seseorang kurang percaya diri.

Konten364 Views

Channel Indonesia – Bau badan merupakan salah satu masalah yang sering membuat seseorang kurang percaya diri. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa bau badan berasal dari keringat yang dikeluarkan tubuh. Hal ini karena, bau ini sering muncul setelah seseorang melakukan aktivitas berat ataupun olahraga yang mengeluarkan banyak keringat. Sebenarnya, penyebab ataupun pemicu bau badan tidak hanya disebabkan oleh keringat saja. Ada banyak sekali pemicu bau badan.

Berikut beberapa penyebab dan cara menghilangkan bau badan.

Penyebab Bau Badan

Bau badan sering muncul ketika seseorang berkeringat, sehingga banyak yang beranggapan bahwa bau badan berasal dari keringat. Namun, perlu diketahui bahwa bau badan tidak serta-merta ditimbulkan oleh keringat.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis kelenjar di dalam kulit yang menghasilkan keringat. Yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin berada di dekat permukaan kulit dan terletak hampir di seluruh tubuh. Sedangkan, kelenjar apokrin berada di area berambut, seperti ketiak, kepala, dan selangkangan.

Kelenjar ekrin biasanya mengeluarkan keringat ketika suhu tubuh meningkat atau saat seseorang melakukan aktivitas fisik berat. Kandungan keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar ekrin adalah air dan garam. Sementara itu, kelenjar apokrin mengeluarkan cairan berlemak atau keringat yang lebih kental, yang sering kali terjadi saat seseorang sedang mengalami stres.

Sebenarnya, keringat tidak berbau. Akan tetapi bau badan tersebut muncul saat cairan yang keluar dari kelenjar apokrin bercampur dengan bakteri. Itulah sebabnya, bau badan sering kali muncul dari area ketiak, selangkangan, atau area lipatan tubuh yang banyak mengandung koloni bakteri.

Pada beberapa orang, produksi keringat dapat terjadi secara berlebihan, yang biasa disebut sebagai kondisi hiperhidrosis. Selain itu, penyebab lain dari terbentuknya keringat berlebih dapat juga disebabkanoleh diabetes, penyakit ginjal,  gangguan fungsi tiroid, ataupun efek samping dari obat-obatan.

Cara Menghilangkan Bau Badan

  1. Menjaga Kebersihan Diri
  2. Menggunakan Sabun Antibakteri
  3. Membersihkan Bulu Ketiak
  4. Memperhatikan Asupan Makanan
  5. Rutin Mengganti Baju
  6. Gunakan Deodoran dan Antiperspiran
  7. Mengeringkan Badan dengan Benar
  8. Mengenakan Baju yang Tepat
  9. Kelola cemas dan stress
  10. Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan-Bahan Alami

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bau badan diantaranya adalah daun sirih, cuka apel, daun kemangi, jeruk nipis, kunyit, dan jahe.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *