Jangan Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Perut Kosong

Saat perut kosong, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mengisinya dengan makanan.

Konten287 Views

Channel Indonesia – Saat perut kosong, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mengisinya dengan makanan. Terutama pada saat pagi hari. Saat kita bagun tidur, perut kita dalam keadaan yang kosong karena semua makanan telah dicerna.

Ternyata ada makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong. Beberapa makanan  bisa menimbulkan masalah pencernaan ketika dicerna dalam perut yang sudah lama tidak terisi makanan.

Dalam kondisi perut yang sangat asam tersebut, jika kita malah mengisinya dengan zat-zat yang menambah asam efeknya adalah iritasi. Pastikan Anda tidak menyantap makanan berikut ketika perut masih kosong.

Berikut makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong:

  1. Minuman Soda

Mengonsumsi minuman bersoda dapat berdampak buruk bagi Anda, tidak peduli jam berapa meminumnya. Lebih buruk lagi jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan  kosong, karena dapat menyebabkan mual dan gas.

  1. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat sarapan dan tidak makan apapun sebelumnya dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung. Tidak hanya akan merasa sangat tidak nyaman, tetapi juga akan menyebabkan rasa perih yang akan sangat mengganggu Anda selama beberapa jam.

Selain itu, rasa pedas dan bumbu yang khas dapat memicu gangguan pencernaan sehingga tidak cocok untuk disantap saat perut kosong.

Langsung menyantap makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut dan timbul rasa nyeri yang membakar (heartburn) di ulu hati Anda. Apabila Anda hendak menambahkan sambal, cabai, saus, atau bumbu pedas lainnya pada makanan, maka batasilah jumlahnya.

  1. Minuman Dingin

Selalu minum air hangat, seperti teh jahe di pagi hari. Melakukan hal tersebut dapat membantu memulai metabolisme Anda. Meminum minuman dingin seperti kopi dingin atau es teh dapat merusak selaput lendir dan membuat pencernaan Anda menjadi lamban dalam bekerja.

  1. Sayuran Mentah

Mengonsumsi salad memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun Anda juga harus berhati-hati. Mengonsumsi sayuran mentah saat perut kosong dapat memberikan beban ekstra pada sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut dan perut kembung.

  1. Minuman berkafein

Sebagian orang tentu sudah sangat akrab dengan secangkir kopi di pagi hari. Kopi memang dapat membantu mengatasi rasa kantuk.akan tetapi minum kopi bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat perut kosong.

Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut mulas. Kandungan kafein ini juga dapat ditemukan dalam berbagai jenis minuman termasuk cokelat dan minuman energi.

Meminum kopi saat perut kosong juga dapat mengiritasi lapisan lambung lantaran meningkatkan produksi asam lambung. Kondisi ini akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit GERD.

  1. Makanan Asam

Saat menggiurkan makanan dengan cita rasa asam, rasa segar yang tajam pasti muncul di benak Anda. Sayangnya, makanan asam juga menjadi jenis makanan yang tidak boleh dimakanan saat perut kosong.

Hampir sama dengan makanan pedas, makanan asam juga sangat berisiko mengiritasi dinding lambung Anda. Akibatnya, keasaman lambung akan sangat meningkat. Terutama bagi penderita GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *