Obesitas Dapat Sebabkan Resiko Penyakit Jantung? Ini Penjelasannya

Obesitas juga merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung.

Headline, Konten467 Views

Channel Indonesia – Obesitas adalah dimana seseorang kondisi tubuhnya melebihi indeks massa tubuh (IMT) ukuran normal. Obesitas juga merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung.

Dari Kemankes dan sejumlah penelitian telah lama mempelajari  hubungan antara obesitas dan penyakit jantung. Beberapa factor yang menjadi penyebab obesitas memicu penyakit jantung adalah:

1.Kenaikan tekanan darah

Kenaikan tekanan darah dapat menyebabkan kondisi medis seperti stroke dan serangan jantung.

2.Kenaikan kadar kolesterol

Kolesterol yang jahat dapat menyebabkan plak di dalam arteri dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

3.Resistensi insulin

Resistensi insulin adalah dimana kondisi tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik sehingga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang dapat memicu penyakit diabetes 2.

4.Inflamasi

Inflamasi adalah penyakit peradangan sistemik dalam tubuh yang dapat memicu penyakit kardiovaskular.

5.Apnea tidur

Apnea tidur adalah kondisi seseorang yang mengalami gangguan pernapasan saat tidur.

Ada berbagai cara untuk mengurangi resiko penyakit jantung yang diakibatkan karena obesitas antara lain seperti  harus menjaga berat badan, berolahraga teratur, makan makanan yang sehat dan bernutrisi, mengurangi asupan garam, dan mengurangi merokok.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengatakan sangat penting meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular terutama penyakit jantung, melalui pelibatan berbagai pihak.

Karena itu, katanya, melalui peringatan Hari Jantung Sedunia Tahun 2023, diangkat tema “Challenge Downgrade Ukuran Bajumu‟ untuk menyadarkan bahaya obesitas pada kesehatan jantung. “Sangat penting membangun budaya sehat di kalangan Masyarakat yaitu mencapai indeks masa tubuh ideal melalui perubahan perilaku yang konsisten,” ujar Dwi.

Dia menambahkan menjaga berat badan ideal merupakan salah satu preventif, kuratif, dan rehabilitatif secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan dalam mencegah penyakit kardiovaskular tadi.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan kolaborasi multisektoral diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah penyakit tidak menular.

Head of Public Relations and Digital Le Minerale Yuna Eka Kristina mengatakan, kerja sama kegiatan edukasi kesehatan sangat penting bagi masyarakat.

Rangkaian acara Hari Jantung Sedunia Tahun 2023 ini juga disertai dengan edukasi tentang pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan berolahraga. Selain itu, hadir pula layanan deteksi dini masalah kesehatan yang disediakan oleh fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta. (Dari Berbagai Sumber/ Tasaniah Juliani).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *