Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Makna dan Sejarahnya

Isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia mempresentasikan bahwa Indonesia telah merdeka dari tangan para penjajah. Namun, banyak yang tidak mengetahui isi dan maknanya.

Konten439 Views

Channel Indonesia – Sebagai bangsa Indonesia, kita perlu tahu isi teks proklamasi.

Mengingat, ini merupakan salah satu bagian dari sejarah Indonesia hingga bisa merdeka seperti sekarang.

Isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia mempresentasikan bahwa Indonesia telah merdeka dari tangan para penjajah. Namun, banyak yang tidak mengetahui isi dan maknanya.

Pada hari Jumat, 17 Agustus 1945, Presiden Soekarno memproklamirkan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, yang mempunyai makna dari berbagai aspek.

Presiden Soekarno memproklamirkan teks proklamasi kemerdekaan di rumahnya, lokasi tepatnya berada di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dirumuskan oleh para pahlawan Indonesia, dengan dinyatakan kemerdekaan Indonesia tersebut, artinya sudah bebas dari belenggu penjajahan.

Kabar kemerdekaan Indonesia tesebut langsung disebarluaskan melalui utusan daerah, radio maupun media cetak pada saat itu, meskipun hanya berlangsung kurang lebih satu jam.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Setelah usulan Soekarni disetujui, akhirnya naskah proklamasi diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik. Namun, ada sejumlah perubahan dalam teks proklamasi hasil tulisan tangan dengan yang diketik oleh Sayuti Melik:

Kata “hal2” diubah menjadi “hal-hal”
Kata “tempoh” kemudian diubah menjadi “tempo”
Kalimat “wakil2 bangsa Indonesia” diubah menjadi “Atas nama bangsa Indonesia”
Penulisan tanggal dan bulan “Djakarta 17-08-05” menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05”
Di bagian bawah kalimat “Atas nama bangsa Indonesia” terdapat nama jelas “Soekarno/Hatta” yang kemudian dibubuhi oleh tanda tangan mereka.

Berikut teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang telah diketik Sayuti Melik:

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05.

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

Berikut makna dari proklamasi kemerdekaan Indonesia yang harus diketahui.

1. Segi Politik

Makna proklamasi kemerdekaan dari segi politik artinya Indonesia telah berdaulat, berdiri sendiri dan diakui rakyat Indonesia bahwa pemerintahan Indonesia sebagai kekuasaan independen yang terlepas dari segala bentuk penjajahan.

2. Segi Sosial

Makna proklamasi dari segi sosial berarti segala bentuk diskriminasi rasial di Indonesia dihapuskan dan rakyatnya mempunyai hak kewajiban yang sama dari semua bidang. Berbeda-beda, dari suku, ras, agama namun tetap satu bangsa, Indonesia.

3. Segi Ekonomi

Dalam segi ekonomi, kemerdekaan Indonesia artinya masyarakat menuju kesejahteraan ekonomi dan dapat mengelola dan menguasai sumber daya secara mandiri, sehingga tidak ada monopoli dan perampasan dari asing.

4. Segi Budaya

Dari segi budaya, Indonesia mempunyai budaya utuh dari kepribadian nasional yang bersumber dari kebudayaan bangsa Indonesia. Hal tersebut juga tergambar dalam Pancasila dari sila ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, hingga keadilan sosial.

5. Segi Pendidikan

Kemerdekaan Indonesia artinya, pendidikan merdeka seutuhnya, untuk wanita maupun laki-laki, miskin dan kaya dapat menempuh pendidikan dan standar kualitasnya sama di setiap instansi pendidikan.

 

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *