Selama Idul Adha Keterisian Hotel di Bali Naik 15 Persen

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengabarkan bahwa peningkatan jumlah kunjungan hotel saat idul adha 2023 meningkat sebesar 15 persen.

Headline, Konten441 Views

Channel Indonesia – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengabarkan bahwa peningkatan jumlah kunjungan hotel saat idul adha 2023 meningkat sebesar 15 persen.

Wakil Ketua PHRI Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan saat ini okupansi hotel regional Bali rata-rata 80 persen berkat kedatangan 17 ribu wisatawan domestik per hari, serta 16 ribu wisatawan mancanegara per hari.

“Sebelumnya (Iduladha) 65-70 persen, meningkat tajam 10-15 persen sejak awal minggu ini karena libur panjang. Mungkin ada yang sampai ambil cuti sekalian liburan,” katanya dikutip Antara, Kamis (29/6).

Ia mengatakan bahwa sejumlah kawasan okupansi hotel bahkan mencapai 90-100 persen. Namun, jika menarik rata-rata, untuk kawasan Bali Utara dan Bali Barat belum dapat mengejar.

Sebagian besar wisatawan menginap di hotel bintang tiga dan empat. Adapun lama menginap sekitar 3-5 hari. Ini berbeda dengan wisatawan mancanegara yang umumnya menginap 7-14 hari.

Rai menyebut kenaikan okupansi hotel saat Iduladha tahun ini paling terasa, bahkan jika dibandingkan saat sebelum covid-19.

“Iduladha sebelumnya, cutinya sebentar. Jadi sekarang ada cuti panjang dan Sabtu, Minggu, wisatawan domestik juga mulai ada peningkatan dari sisi ekonomi sehingga menambah animo mereka bepergian,” ujarnya.

Selain momentum Iduladha, Rai mengungkapkan kunjungan wisatawan domestik ke Pulau Dewata juga didorong masa libur sekolah.

Menurutnya, kebijakan pemerintah pusat menambah cuti pada momentum Iduladha sangat membantu perekonomian, apalagi saat mendorong wisatawan domestik untuk bepergian dalam negeri sehingga perputaran ekonomi berlangsung di dalam.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *