Inilah Daftar Manusia yang Disebut Punya IQ Tinggi, Penasaran?

Pada dasarnya, Intelligent Quotient (IQ) digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan sesorang. Untuk bisa melihat skor IQ.

Headline, Konten454 Views

Channel Indonesia – Pada dasarnya, Intelligent Quotient (IQ) digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan sesorang. Untuk bisa melihat skor IQ. Ada berbagai macam jenis test yang ditawarkan dimulai dari memecahkan teka teki, memori, dan lain sebagainya, setelah menyelesaikan test tersebut skor IQ akan keluar.

Dari pantauan wartawan, Senin (29/5), Jika skor IQ yang diperoleh dibawah 85, dinilai sebagai skor yang paling buruk. Sementsra, bila di atas 130 dipandang orang cerdas. Rata rata kecerdasan umum pada seseorang berada di nilai 100.

Namun perlu diingat, tidak mudah untuk mengukur kecerdasan secara akurat karena ada beberapa faktor diantaranya adalah selalu ada perbedaan budaya yang akan mempengaruhi hasil skor IQ.

Di sisi lain, banyak orang di dunia yang memiliki IQ tinggi dari figur figur atau tokoh yang terkenal. Selain itu tidak banyak ditemukan trade record resmi sejumlah pemikir hebat yang memiliki sertifikat IQ tinggi. Namun mereka mungkin toidak mementingkan hal tersebut.

Albert Einstein

Secara teori relativitas umum sudah membuktikan bahwa Einstein orang yang jenius. Sering disebut sebagai salah satu manusia terpintar pernah hidup. Bahkan beberapa pendapat ada yang mengatakan IQ Einstein sebenarnya lebih rendah dari yang dikira. Mengingat bahwa tes itu tidak ada ketika Einstein masih hidup, maka tidak mungkin untuk mengetahui seberapa cerdas sebenarnya ilmuwan terkenal ini.

Ada Lovelace

Ia dipandang sebagai Ilmuwan komputer pertama. Sering disebut sebut sebagai orang paling cerdas yang pernah hidup. Ia bekerja di Analytical Engine, dia menemukan program kumputer pertama yang pernah dilihat dunia. Itulah mengapa ia dianggap memiliki IQ tinggi.

Christopher Michael Langan

Dalam sebuah catatan wawancara yang ditemukan ScienceFocus, Christoher diketahui memiliki skor IQ 195. Christopher sering dianggap sebagai salah satu orang terpintar yang masih hidup. Sosok kontroversial itu kerap berpihak pada teori konspirasi dan klaim bahwa keberadaan Tuhan bisa dibuktikan dengan matematika.

Leonardo Da Vinci

Masyarakat memandang bahwa Leonardo Da Vinci merupakan orang terpintar yang pernah ada. Dia adalah seorang ahli matematika, insinyur, ahli botani, pembuat peta, dan banyak lagi. Jadi sulit untuk memilih satu pencapaian. Namun lukisan Monalisa menjadi karyanya yang melegenda.

Sho Yano
Sho Yano adalah seorang mahasiswa dengan usia 9 tahun. Pada usia 21 tahun dirinya menjadi dokter medis. Chicago Tribune menyebut atas kesuksesannya di usia belia, menjadikannya mahasiswa termuda dalam sejarah Universitas Chicago yang menerima gelar dokter.

Katherine Johnson
Pelabelan IQ tinggi pada perempuan ini, tak lepas dari karyanya yang sangat penting dalam awal misi luar angkasa NASA. Ia berperan dalam membawa astronot John Glenn dan Alan Shephard ke antariksa. Perhitungan orbital Johnson bahkan digunakan dalam misi Apollo.

Stephen Hawking
Dia merupakan fisikawan termahsyur selain Einstein lantaran teori kosmologinya. Melalui teorinya itu, ia mampu menunjukkan lubang hitam memancarkan energi, perlahan menyusut, lalu meledak dalam sekejap. Oleh sebab itu, label IQ tinggi disematkan padanya sebagai kosmolog paling fenomenal dalam sejarah.

William James Sidis
Disebut-sebut sebagai orang terpintar yang pernah hidup, William James Sidis menjadi tolok ukur anak ajaib. Dia dilaporkan dapat membaca koran pada usia 18 bulan dan masuk Universitas Harvard pada usia 11 tahun, lulus pada usia 16 tahun.

Dia menulis berbagai penelitian, termasuk membuat bahasa yang dibuat di Book Of Vendergoord pada usia 8 dan The Animate And The Inanimate (yang mencakup kosmologi dan reversibilitas hukum kedua termodinamika dan memprediksi lubang hitam).

Konon ia pernah mengikuti tes kecerdasan dengan hasil antara 250-300. Namun pada tahun-tahun berikutnya, klaim skor IQ Sidis telah banyak diperdebatkan. (Dari berbagai sumber/Annisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *