Polisi Mulai Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas dan Perubahan Arah di Jalan Soekarno-Hatta

Rekayasa lalu lintas di simpang BNI jalan Soekarno-Hatta dengan sistem buka-tutup dan perubahan flow arus lalu lintas.

Konten226 Views

Channel Indonesia – Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan yang turut andil dalam pengamanan KTT Asean Summit sebagai Kasatgas III Walrolakir (Pengawalan, Rute, Patroli dan Parkir) Operasi Komodo Terpusat 2023, mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas di simpang BNI jalan Soekarno-Hatta dengan sistem buka-tutup dan perubahan flow arus lalu lintas. Hal ini disampaikan langsung oleh Aan saat melakukan penutupan bersama para petugas Satgas III Walrolakir.

“Antara jalan Soekarno-Hatta dan jalan Tongkol saat ini diberlakukan perubahan arus rekayasa, biasanya arus dari hotel Meurorah ke Simpang BNI, ini sebaliknya dari Simpang BNI menuju Meurorah sampai Kampung Ujung,” ujar Aan, Sabtu 6 Mei 2023.

Rekayasa lalu lintas di jalan tersebut Aan menjelaskan tidak akan dilakukan permanen, namun hanya saat para delegasi akan melintas dua jam sebelumnya selama pelaksanaan pengamanan KTT Asean berlangsung.

“Sebagai informasi pada saat kegiatan Asean Summit kita akan sedikit melakukan perubahan flow arah yang menuju ke hotel Meurorah. namun penutupan ini akan kita lakukan pada J-2. Setelah delegasi masuk ke hotel Meurorah kita akan normalkan namun arahnya tetap kita arahkan dari Simpang BNI menuju ke arah Meurorah,” terang Aan.

Aan menerangkan pemberlakuan rekayasa lalu lintas tidak dilakukan permanen selama KTT Asean karena tidak ingin menutup perekonomian para warga disekitar jalan yang terkena rekayasa. Namun masyarakat harus pahami bahwa rekayasa ini dilakukan dalam rangka untuk keamanan para delegasi dan kepala negara yang hadir di KTT Asean Summit Labuan Bajo.

“Kegaiatan masyarakat normal, perekonomian masih normal tidak ada penutupan yang permanen. Rekayasa lalu lintas yang kita berlakukan ini untuk memperlancar arus lalu lintas para delegasi, untuk keselamatan delegasi dan untuk kelancaran lalu lintas di Labuan Bajo,” jelas Aan.

Selain di Simpang BNI, Satgas Walrolakir juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di beberapa titik lokasi, seperti di jalan Bandara, Puncak Waringin, Simpang Brundi sampai ke Binongko.

“Satgas kita siap memberikan kenyamanan untuk para delegasi, kenyamanan untuk masyarakat. Dan kita selalu mngutamakan masyarakat,” pungkas Aan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *