Gelar Pertemuan di KM 70 Cikampek, Menko PMK dan Kapolri Sebut Mudik Tahun Ini Rendah Kecelakaan

Pertemuan itu untuk membahas hasil pantauan jalannya mudik lebaran serta memberikan evaluasi pelayanan terkait arus lalu lintas selama operasi ketupat 2023.

Uncategorized121 Views

Channel Indonesia – Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar pertemuan di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023).

Adapun pertemuan itu untuk membahas hasil pantauan jalannya mudik lebaran serta memberikan evaluasi pelayanan terkait arus lalu lintas selama operasi ketupat 2023.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa sampai saat ini belum ada kecelakaan yang bersifat fatal selama jalannya mudik. Bahkan, ia berharap agar kelancaran ini berlangsung sampai arus balik nanti.

“Sampai sejauh ini belum ada dan mudah-mudahan tidak ada kecelakaan yang bersifat fatal dan mudah-mudahan ini akan terus sedemikian rupa sampai nanti kegiatan arus balik,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurutnya, tingkat kecelakaan roda dua menurun dikarenakan pemudik yang menggunakan sepeda motor mengalami penurunan.

“Nah tadi kita memang bicara mudik bahkan Pak Kapolda (Jabar), pak pantura relatif tidak ada laka secara umum memang kita lihat bahwa  penggunaan motor itu menurun.Kalau di merak itu turun 51 persen nah itu juga mungkin lakanya menurun,” tutur Menhub Budi.

Lebih lanjut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuturkan bahwa terdapat kenaikan volume kendaraan yang melintas jalur Cikampek sebesar 20 persen. Hal ini menjadi yang tertinggi dibandingkan tahun sebelumnya dan sebelum pandemi covid-19.

“Tadi diinformasikan terdapat untuk jumlah masyarakat pemudik yg melintas Cikampek mencapai angka tertinggi paling tinggi dibandingkan 2022 ataupun 2019, mencapai angka 163.000. jadi naik kurang lebih 20 persen dibandingkan tahun 2022,” tutur Kapolri.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Dirut PT Jasa Marga Subakti Syukur, dan Dirjen Bina Marga Hedi Rahadian serta PJU Polri lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *