Menakjubkan, Ini 10 Manfaat Luar Biasa Cuka Apel bagi Kesehatan Tubuh

Cuka apel merupakan salah satu jenis cuka yang terbuat dari apel. Cuka apel adalah hasil pengolahan fermentasi dari sari apel

Konten319 Views

Channel Indonesia –Cuka apel merupakan salah satu jenis cuka yang terbuat dari apel. Cuka apel adalah hasil pengolahan fermentasi dari sari apel. Produsen membuatnya dengan melumatkan buah apel dan memeras sarinya. Mereka lalu menambahkan bakteri dan ragi ke dalam sari apel sehingga terjadi proses fermentasi. Karena melalui proses fermentasi, cuka apel memiliki kandungan bakteri probiotik yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran cerna.

Bakteri dan ragi didalamnya juga akan mengubah gula pada sari apel menjadi alkohol. Selanjutnya, bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter) mengubah alkohol menjadi cuka yang mengandung asam asetat, asam galat, katekin, dan senyawa lainnya.

Dalam 100 gram cuka apel, terkandung berbagai macam nutrisi, di antaranya kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi. Kandungan nutrisi tersebut yang membuat cuka apel mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Luar Biasa Cuka Apel bagi Kesehatan

1. Mengatur kadar gula darah

Manfaat cuka apel yang paling dikenal oleh semua orang yaitu mengatur kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan, cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih ketika tubuh mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Cuka apel akan bekerja dengan memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang masuk ke dalam darah. Hal tersebut dapat mencegah kadar gula dalam darah melonjak secara tiba-tiba, setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

2. Menurunkan Resiko Kanker

Kanker terjadi akibat pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dan tidak terkontrol, yang merusak jaringan sehat dalam tubuh.

Cuka apel mengandung beta karoten dan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas banyak ditemukan dalam polusi kendaraan, radiasi sinar ultraviolet, dan asap rokok. Dengan adanya kandungan ini, cuka apel dapat membantu melindungi tubuh dari dampak negatif radikal bebas.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Salah satu manfaat kesehatan cuka apel selanjutnya adalah kemampuannya dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit. Hal ini dikarenakan karena kandungan probiotik yang terdapat didalamnya dapat membantu menjaga keseimbangan mikroflora di dalam usus. Selain membantu meredakan sembelit, cuka apel juga bermanfaat untuk mengatasi diare karena mengandung pektin yang membantu mengentalkan tekstur feses.

4. Mengurangi Kadar Asam Urat

Cuka apel juga diketahui memiliki manfaat dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan polifenolnya yang mampu menghambat aktivitas enzim xantin oksidase yang berperan dalam pembentukan asam urat. Dengan demikian, cuka apel dapat membantu mengurangi risiko penumpukan asam urat yang berlebihan dalam tubuh.

5. Mengurangi peradangan

Cuka apel dipercaya mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada rheumatoid arthritis ( RA ), multiple sclerosis (MS), dan ankylosing spondylitis (AS). Senyawa ini juga dapat membantu meredakan nyeri dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

6. Mengatasi ketombe dan masalah pada rambut

Asam asetat dalam cuka apel dapat membantu mengurangi jamur penyebab ketombe dan merangsang folikel yang merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu mengangkat kotoran dan residu produk perawatan rambut, sehingga rambut jadi lebih sehat dan berkilau.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cuka apel mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa ini membantu memperkuat pertahanan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

8. Menjaga kesehatan tulang

Cuka apel tidak hanya mengandung asam asetat, tapi juga kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral-mineral ini merupakan komponen penting untuk kesehatan tulang karena dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Cuka apel dapat menjadi solusi pengobatan alami untuk mengatasi masalah kulit kering dan eczema. Kulit secara alami memiliki kadar asam yang rendah. Menggunakan cuka apel sebagai perawatan alami dapat membantu menyeimbangkan pH alami kulit. Dengan demikian, kulit akan mendapatkan perlindungan yang lebih baik dan terjaga keseimbangannya.

10. Mengatasi Bau Kaki

Bakteri dan jamur, penyebab bau kaki, dapat membuat seseorang tidak percaya diri.Selain sepatu yang kotor, terlalu banyak keringat dari tubuh juga bisa menjadi penyebab bau kaki yang tidak sedap.Untuk mengatasi masalah ini, campurkan setengah cangkir cuka apel dengan air hangat, lalu rendam kaki dengan cairan ini.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *