Mengenal 10 Manfaat Daun Meniran bagi Kesehatan

Meniran atau phyllanthus urinaria merupakan salah satu jenis tanaman  liar yang mudah ditemukan di alam bebas

Konten197 Views

Channel Indonesia – Daun meniran kerap digunakan sebagai obat tradisionak karena dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Meniran atau phyllanthus urinaria merupakan salah satu jenis tanaman  liar yang mudah ditemukan di alam bebas atau jalanan yang mempunyai  dahan yang pendek, menyebar, dan ukuran daun kecil yang terdapat di setiap dahan. Daun ini diketahui memiliki bentuk daun yang bulat berukuran kecil dan sekilas terlihat serupa dengan putri malu.

Tanaman ini diketahui tersebar di berbagai negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Selain itu, meniran juga bisa tumbuh hingga 50 sampai 80 sentimeter.

Meniran sendiri memiliki rasa yang pahit dan agak asam, ditambah sensasi dingin ketika dikonsumsi. Rasanya memang tidak enak, tetapi daun satu ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat daun meniran bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat daun meniran bagi kesehatan

1. Menjaga keseimbangan gula darah

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun meniran  dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah, sehingga baik untuk proses pengobatan diabetes.

Namun, sebelum mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi bila ingin mengonsumsi daun meniran untuk mencegah diabetes.

Selain itu, keberadaan senyawa phyllanthin dan hypophyllanthin juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini terbukti pada suatu penelitian pada hewan di dalam laboratorium, kandungan antioksidan yang ada di daun meniran memberikan manfaat tersebut. Pada manusia sendiri hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengatasi Kerusakan Hati

Manfaat daun meniran ini berasal dari kandungan polifenol di dalamnya, yaitu phillantin. Polifenol tersebut terbukti dapat menyokong produksi enzim hati secara normal. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat mencegah organ hati dari kerusakan yang semakin serius, salah satunya diakibatkan oleh penyakit hepatitis B.

Hal ini dapat ditunjukkan dari kekuatan antivirus daun meniran sebagai perlindungan terhadap penyakit hepatitis B.

3. Mencegah Hipertensi

Manfaat daun meniran lainnya yakni menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dapat terjadi karena daun ini mengandung zat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Meski begitu, manfaat bagi seseorang yang mengidap tekanan darah tinggi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Hambat pertumbuhan sel kanker

Dalam pengobatan tradisional, daun meniran bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan tumor baru di tubuh manusia. Hal ini lantaran sifat antikanker di daun meniran yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker atau tumor. Namun, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lanjutan.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Meniran juga termasuk ke dalam kategori tanaman obat yang tinggi antioksidan, sehingga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan itu dapat meningkatkan fungsi vitamin dan mineral lainnya, sehingga tubuh dapat terlindungi dari infeksi bakteri, parasit, dan virus.

Meniran hijau memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Oleh sebab itu, suplemen ini dipercaya bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah peradangan, serta membantu meredakan nyeri dan mengatasi infeksi.

6. Cegah serangan asam urat

Mengonsumsi meniran dipercaya dapat mencegah serangan asam urat. Namun, potensi manfaat ini tetap memerlukan penelitian lebih lanjut.

7. Mencegah batu ginjal

beberapa kandungan daun Meniran dapat berpotensi mencegah pembentukan bahan penyusun batu ginjal, yaitu kristal oksalat.  Kandungan tersebut adalah triterpene, seperti limonene, phyllanthenol, phyllanthenone, dan phyllantheol.

Selain itu, jenis daun ini bisa menurunkan kadar kalsium pada urine yang bisa memicu pembentukan batu ginjal.

8. Mengatasi panas dalam

Tanaman meniran, dalam hal ini daunnya memiliki sifat farmakologis antibakteri. Ini berarti, antibiotik yang terdapat di dalamnya juga bisa membasmi kuman dan bakteri yang menyebabkan sariawan. Tak hanya itu, meniran juga banyak digunakan sebagai obat alami untuk meredakan panas dalam dan radang tenggorokan.

9. Mengurangi risiko peradangan

Peradangan sendiri terjadi saat tubuh memberikan respons karena paparan benda asing yang masuk ke tubuh, termasuk bakteri, virus, dan kuman penyebab penyakit. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam meniran bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga mengurangi risiko panas dalam dan peradangan.

10. Bantu atasi tukak lambung

Manfaat daun meniran di urutan terakhir, yakni membantu mengatasi tukak lambung. Sebuah penelitian melaporkan jika sifat antiinflamasi di dalam daun meniran mampu memaksimalkan perlindungan terhadap lambung dengan cara meregenerasi lapisan mukosa. Ini dapat mencegah pembengkakan dan perdarahan pada lambung

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *