Manfaat Luar Biasa Konsumsi Tahu bagi Kesehatan ‎

Tahu merupakan salah satu hasil olahan kacang kedelai yang telah dicairkan dan dikentalkan.

Konten305 Views

Channel Indonesia – Tahu merupakan salah satu hasil olahan kacang kedelai yang telah dicairkan dan dikentalkan. Sebagai sumber protein, terdapat begitu banyak manfaat tahu yang dapat diperoleh. Tidak hanya protein, beragam kandungan nutrisi lain di dalamnya juga diketahui baik untuk kesehatan

Selain sebagai sumber protein, tahu juga diketahui mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan lemak. Kandungan asam amino esensial dan berbagai mineral, seperti kalsium, selenium, fosfor, magnesium, dan zat besi.

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya, tahu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat konsumsi tahu bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat konsumsi tahu bagi kesehatan
1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan isoflavon yang terdapat pada tahu memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

Tidak hanya itu, kandungan serat dalam tahu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Oleh karena itu, seseorang yang secara rutin mengonsumsi tahu dan membatasi konsumsi daging memiliki risiko hipertensi dan penyakit jantung yang lebih rendah.

2. Menurunkan risiko kanker

Konsumsi produk kedelai seperti tahu dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, paru-paru, dan prostat.

Isoflavon dalam tahu dipercaya memiliki efek anti-kanker. Kandungannya membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Tahu juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai fitoestrogen, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini membantu mencegah perubahan genetik yang dapat menyebabkan kanker.

  3. Membentuk otot

Tahu mengandung semua protein lengkap. Tahu kaya akan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja dengan baik.

Tubuh seseorang memerlukan asam amino yang berperan untuk menjaga kesehatan. Salah satu manfaat asam amino yaitu meningkatkan masa otot.

    4. Memperkuat tulang

Tahu mengandung kalsium dan magnesium, yang dapat membantu tubuh untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Untuk itu, makanan yang kaya kalsium dan magnesium dapat mencegah keropos tulang dan osteoporosis. Selain itu, magnesium juga merupakan nutrisi penting untuk fungsi saraf dan otot yang sehat.

    5. Membantu mengatur berat badan

Protein dalam tahu memerlukan lebih banyak energi untuk dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak. Hal ini berarti mengonsumsi tahu dapat membuat kita merasa lebih kenyang lebih lama, yang dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat

6. Menjaga fungsi otak

Kandungan isoflavon dalam kacang kedelai dan produknya, termasuk tahu, juga memiliki efek positif pada otak, terutama pada fungsi kognitif atau daya ingat.

Berdasarkan studi tahun 2014 pada jurnal Maturitas, efek neuroprotektif dari senyawa fitoestrogen membantu memengaruhi fungsi kognitif pada hewan. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

7. Mengontrol gula darah

Tahu mengandung isoflavon yang berasal dari bahan baku utamanya, yaitu kacang kedelai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan isoflavon di dalam kedelai dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi makanan kaya akan protein, termasuk tahu, dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan demikian, manfaat tahu ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan aterosklerosis.

9. Mencegah anemia

Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah yang sehat. Oleh karena itu, penderita anemia sering disarankan untuk mengkonsumsi tahu secara rutin.

Hal ini karena olahan kedelai mengandung zat besi yang tinggi, yang berguna untuk produksi sel darah merah dalam tubuh.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *