Begini Tanda Pelek Motor Perlu Balancing

Pelek merupakan sebuah komponen yang sangat penting pada sepeda motor untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke ban.

Konten447 Views

Channel Indonesia – Pelek merupakan sebuah komponen yang sangat penting pada sepeda motor untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke ban. Pelek atau velg motor merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat untuk memasangkan ban.  Velg sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan dari kendaraan motor, sehingga berbagai perawatannya pun perlu diperhatikan dengan baik.

Pelek juga merupakan salah satu komponen untuk menunjang keselamatan dalam berkendara. Velg motor yang sudah tidak bulat sempurna dapat memengaruhi keselamatan berkendara sebab ban yang terasa seperti kurang angin atau bocor. Kondisi komponen pelek yang kurang baik juga dapat memengaruhi kendali atau setang motor yang dapat berdampak pada kenyamanan berkendara.

Untuk itu, diperlukan beberapa perawatan agar pelek motor tetap dalam keadaan baik dan prima. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan balancing pada pelek motor.

Balancing sebenarnya harus dilakukan ketika motor telah menempuh perjalanan hingga 10 ribu kilometer. Perawatan ini dapat dilakukan saat servis rutin, sehingga kondisi komponen pun dapat diperhatikan dengan lebih detail.

Berikut tanda-tanda ataupun ciri-ciri pelek motor perlu balancing.
  1. Setang motor bergetar

Setang motor yang terasa bergetar saat digunakan, merupakan salah satu tanda bahwa motor tersebut sudah mulai kurang seimbang dan bisa memicu berbagai risiko bahaya saat berkendara.

  1. Setang terasa berat

Selain bergetar, setang yang terasa berat juga sebaiknya perlu diwaspadai. Segera lakukan balancing jika hal tersebut mulai mengganggu pengguna  dalam berkendara.

  1. Tidak nyaman untuk berkendara pada kecepatan tinggi

Jika sedang berkendara pada kecepatan tinggi, maka berbagai jenis kerusakan pun biasanya akan lebih mudah terasa. Ketika mulai merasa kurang nyaman, maka kemungkinan terdapat masalah pada bagian velg dan perlu tindakan balancing.

  1. Keseimbangan berkurang atau bahkan hilang

Jika tidak melakukan balancing, maka motor akan cenderung tidak seimbang. Ketika mulai merasakan ciri-ciri tersebut, maka sebaiknya segera lakukan tindakan perawatan yang tepat.

Demikian tanda-tanda velg motor perlu dl balancing guna menjaga performa motor tetap prima.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *