Begini Cara Merawat Helm di Musim Panas

Merawat helm sangat penting untuk dilakukan, apalagi saat cuaca panas seperti sekarang.

Konten440 Views

Channel Indonesia – Merawat helm sangat penting untuk dilakukan, apalagi saat cuaca panas seperti sekarang.Cuaca panas pastinya dapat berdampak pada helm. Terik matahari dapat membuat kepala Anda berkeringat dan menempel di bagian dalam pelindung kepala tersebut.

Kondisi ini dapat diperparah dengan debu jalanan yang pastinya ikut menempel hingga ke bagian dalam helm dan pastinya membuatnya semakin kotor.

Belum lagi cara menyimpan helm, banyak pengguna motor tidak terlalu memperdulikan cara menyimpan helm dengan baik, padahal butuh kiat khusus dalam hal ini. Dampaknya, helm kian terpapar, tidak hanya kotor, bau tidak sedap pun pastinya terendus karena minimnya perhatian pada bagian dalam helm.

Apalagi helm dapat dipakai lebih dari sekali dalam sehari. Dapat Anda bayangkan bagaimana kondisi helm dengan intensitas pemakaian hampir setiap hari, namun perawatan yang dilakukan tidak maksimal. Untuk itu perawatan pada helm sangat penting untuk dilakukan.Lantas seperti apa perawatan helm yang ideal? Simak ulasannya berikut ini.

 Cara merawat helm di musim panas:

  1. Rutin bersihkan lapisan dalam helm

Cara merawat helm di musim panas yang pertama adalah meminimalisir paparan keringat yang tidak bisa kita hindari di musim panas.

Keringat merupakan musuh utama kenyamanan helm di musim panas. Keringat yang menyerap ke dalam lapisan dalam helm dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Oleh karena itu, gunakan kain lembut dan basah untuk membersihkan lapisan dalam secara rutin. Jika lapisan dapat dilepas, cuci sesuai petunjuk produsen.

  1. Cuci sarung pelindung helm

Banyak helm modern yang dilengkapi dengan sarung pelindung yang dapat dilepas. Sarung pelindung ini adalah lapisan terluar yang melindungi helm Anda dari elemen-elemen luar.

Cuci sarung pelindung secara teratur dapat menghilangkan bau dan menjaga kebersihannya. Pastikan untuk mengikuti panduan pencucian yang diberikan oleh produsen.

  1. Bersihkan kaca pelindung

Kaca pelindung yang bersih dapat membuat Anda lebih aman saat berkendara. Gunakan kain yang lembut dan cairan pembersih helm atau air sabun lembut untuk membersihkan kaca pelindung. Hindari menggosoknya dengan bahan abrasif yang dapat menyebabkan goresan.

  1. Lapisi bagian luar dengan lapisan pelindung

Beberapa helm memiliki lapisan pelindung atau pernis untuk melindungi grafis dan cat helm dari kerusakan. Pastikan untuk merawat lapisan pelindung ini dengan perawatan tambahan guna memastikan helm tetap terlihat bagus.

  1. Jangan basahi lapisan sterofoam

Hindari menyiram lapisan tengah dengan air karena akan menurunkan kualitas daya redam, dan dapat mengurangi kekuatan perekat sterofoam atau busa. Menjauhkan busa dari air adalah trik cara merawat helm agar tetap awet.

Selain itu dapat membasahi lapisan tengah atau sterofoam dapat mengakibatkan  timbulnya jamur apabila proses pengeringan tidak dilakukan secara maksimal. Kekuatan busa yang melemah tentu saja menjadi penyebab helm cepat rusak

  1. Gunakan sikat yang lembut 

Helm memiliki ventilasi dan celah kecil yang dapat menjadi tempat bagi debu dan kotoran. Gunakan sikat lembut atau sikat gigi yang tidak terpakai untuk membersihkan area-area ini. Gunakan dengan hati-hati.

  1. Gunakan tisu basah untuk pembersihan cepat

Ketika Anda ingin membersihkan helm dengan cepat saat sedang dalam perjalanan, tisu basah adalah pilihan yang sangat tepat. Mtisu basah dapat membantu menghilangkan noda dan keringat tanpa perlu menggunakan air.

  1. Jemur helm dengan tepat

Hindari paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak komponen helm. Sebaiknya tempatkan di tempat yang teduh atau di dekat kipas angin untuk mengeringkannya.

  1. Pasca penggunaan

Sebaiknya tempatkan helm pada tempat terbuka dan kering setelah dipakai. Langkah ini sangat ampuh sebagai cara merawat helm agar tetap awet. Setelah digunakan, jangan langsung memasukkan helm ke dalam tas. Kondisi helm yang lembab akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengakibatkan timbulnya jamur.

  1. Bersihkan secara berkala

Lap kaca helm secara berkala dengan menggunakan kain halus. Jika terlihat ada kotoran, bersihkan dulu kotoran tersebut menggunakan hand sanitizer, sabun pencuci piring atau jika ada sebaiknya gunakan sabun pencuci khusus kaca helm. Tips ini wajib dilakukan sebagai cara merawat helm agar tetap awet.

 

Merawat helm secara teratur adalah langkah penting dalam menjaga kenyamanan saat berkendara di musim panas. Selain itu, hal ini juga memastikan helm tetap aman dan tahan lama.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *