Hiu Bernafas Melalui Insang, Kenapa Punya Lubang Hidung?

hiu tidak mengambil nafas lewat nares, karena mereka bernafas melalui insang.

Headline, Konten441 Views

Channel Indonesia – Jika anda perhatikan, hiu mempunyai dua ‘lubang hidung’ di moncong mulutnya. Namun berbeda dengan manusia, lubang hidung ini bukan untuk bernafas.

Manusia mengambil nafas dan mengeluarkannya lewat kedua lubang hidung. Selain itu, lubang hidung juga berguna untuk mencium bau.

Jika manusia memiliki lubang hidung, maka hiu juga punya dan dikenal dengan sebutan nares. Tetapi hiu tidak mengambil nafas lewat nares, karena mereka bernafas melalui insang.

Akan tetapi sama seperti lubang hidung manusia, lubang hidung hiu juga berfungsi untuk mendeteksi bau.

Lubang Hidung Hiu untuk Deteksi Bau

Jika hiu ingin mencium bau, ia akan ‘menghirup’ air ke salah satu nares mereka. Air akan bergerak melalui kantung hidung, atau saluran, dan keluar dari lubang hidung lainnya.

Saat air melewati kantung hidung, reseptor hiu akan menangkap bau. Sama seperti otak manusia reseptor kemudian akan mengirimkan pesan ke otak hiu.

Bagian otak hiu yang menafsirkan pesan tentang bau jauh lebih besar daripada bagian otak manusia. Faktanya, bau membantu hiu menemukan makanan yang mereka butuhkan untuk hidup.

Apakah Hiu Pencium Bau yang Handal dibanding Ikan Lain?

Menurut Wonderopolis, dahulu para ilmuwan berpikir bahwa hiu dapat mencium bau yang lebih baik daripada ikan lainnya. Mereka berpikir bahwa area ekstra dengan reseptor penciuman ini akan memberi hiu indra penciuman yang jauh lebih baik.

Walaupun hiu memang memiliki indra penciuman yang sangat baik, ternyata kemampuan mereka hampir sama dengan kebanyakan ikan lainnya.
Hiu Punya Indera Lain

Hiu tidak hanya pandai mencium, mereka memiliki indera lain seperti rasa, penglihatan, sentuhan, dan pendengaran. Indera pendengaran mereka bahkan lebih baik daripada indra penciuman.

Hal ini disebabkan gelombang suara bergerak lebih cepat dan lebih jauh melalui air daripada melalui udara. Membuat hiu dapat mendengar suara dari jarak yang sangat jauh.

Hiu juga memiliki sistem yang disebut gurat sisi. Ini adalah sekelompok kantung berisi cairan tepat di bawah kulit mereka yang membantu hiu merasakan aliran air di sekitar mereka.

Gurat sisi dapat mendeteksi perubahan tekanan kecil, seperti ketika seekor ikan mungkin bergerak di dekat mereka.

Indera lain yang dimiliki hiu adalah indera listrik. Mereka dapat mendeteksi medan elektromagnetik.

Hal ini dapat membantu mereka menavigasi lautan karena medan elektromagnetik di sekitar Bumi. Bahkan dapat membantu hiu menemukan mangsa, karena semua makhluk hidup mengeluarkan sinyal listrik yang lemah.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *