5 Tips Agar Kamu Terhindar Dari Penipuan di Telepon

Di zaman teknologi saat ini banyak kasus kejadian kriminal diantaranya adalah marak kriminal penipuan melalui telepon

Headline, Konten412 Views

Channel Indonesia – Di zaman teknologi saat ini banyak kasus kejadian kriminal diantaranya adalah marak kriminal penipuan melalui telepon. Karena itu, untuk mencegah hal tersebut dapat terjadi, maka simak tips mencegah penipuan di telepon berikut ini.

Dikutip dari berbagai media, Sabtu (3/5/2023). Beberapa tips untuk mencegah kasus penipuan telepon yang dapat anda lakukan berikut ini:

Jangan memberikan Informasi

Salah satu tips untuk menghindari penipuan di telepon adalah dengan tidak memberikan Informasi dan data diri pribadi secara Cuma-Cuma kepada orang yang menelpon namun tidak dikenal dan tidak jelas identitasnya. Sebagai bentuk kewaspadaan kamu harus memalsukan data diri pribadi agar tidak mudah dimanipulasi.

Abaikan nomor yang tidak dikenal

Selanjutnya, cara untuk mencegah penipuan di telepon adalah dengan tidak menggubris nomor yang tidak dikenal. Manfaatnya sebagai suatu tindakan untuk mencegah penipu yang sedang mencari mangsa. Namun jika anda penasaran dengan penelpon anda bisa mengirim pesan singkat dan menanyakan dengan siapa dan tujuan apa nomor tersebut menelpon anda.

Waspada terhadap magis

Magis merupakan manipulasi secara psikologis kepada orangtua dan seseorang yang kurang teredukasi. oleh sebab itu, perlu diwaspadai jika ada orang yang tidak dikenal menelpon anda dan memberitahu informasi yang membuat anda cemas. Segeralah tutup telepon dan tanyakan keada orang terdekat anda.

Buat Kode

Tips berikut adalah dengan membuat kode pribadi yang hanya diketahui oleh keluarga anda, misalnya membuat kode keluarga adalah nanas, maka jika ada orang asing yang menelpon dan tidak mengetahui kode keluarga anda harus diwaaspadai, sehingga akan terciduk jika penelpon tidak mengetahui kode keluarga anda.

Jangan takut

Tips terakhir, Hadapi dengan keberanian dan ketegasan terhadap penipu di telepon, anda tidak boleh takut jika perlu tingkatkan nada bicara anda sehingga penipu lebih takut ke anda, bukan anda yang takut dengan mereka. Tinggikan intonasi bicara kemudia tegaslah dan katakan bahwa mereka bukan dari keluarga anda. (Dari berbagai sumber/Annisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *