Jet Tempur Sukhoi SU-30 Pukau Ribuan Pengunjung

Dua Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11, Pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 33 dan Pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin berhasil memukau ribuan pengunjung

Konten297 Views

Channel Indonesia – Dua Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11, Pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 33 dan Pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin berhasil memukau ribuan pengunjung yang hadir pada pembukaan Makassar International Eight Festival And Forum yang lebih di kenal  F8, bertempat di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (24/7/2024).

Pada acara tersebut, TNI AU menampilkan Air Theatre Festival F8 tahun 2024 dengan dengan Demo Udara Operasi Tempur TNI Angkatan Udara, yang melibatkan jet tempur, pesawat transport militer dan pesawat intai  serta penampilan prajurit profesional dan terlatih dari Lanud Sultan Hasanuddin.

Demo udara diawali dengan Operasi Udara Khusus, yaitu melaksanakan Operasi Perebutan, Pengoperasian Pangkalan Udara (OP3U) yang dilaksanakan oleh Pasukan Gerak Cepat (Pasgat) TNI AU menggunakan pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 33.

Dalam demo udara  tersebut disimulasikan pesawat Hercules C-130 melaksanakan misi Operasi Udara Khusus, dengan membawa prajurit-prajurit terbaik Kopasgat TNI AU dari jajaran Wing Komando II Kopasgat  melaksanakan demo terjun free fall yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon  Komando 466 Kopasgat, Letkol Pas Firasat Amansyah, M.Han.

Selanjutnya dua Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2 dengan callsign Thunder Flight dengan leader flight yaitu Komandan Skadron Udara 11, Ltk Pnb Andry Libarsyah callsign Stellar dan Pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 dengan Captain Pilot Letkol Pnb Devi yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 5 serta Galaxy Flight dengan leader yaitu Letkol Pnb Andi Muhammad Averroes Andi Muahdir yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 33 melaksanakan melaksanakan demo udara dengan berbagai manuvernya.

Dalam  Demo Udara tersebut bertindak sebagai Exercise Director yaitu Kolonel Pnb Agus Rohimat yang menjabat sebgai Komandan Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin. Demo udara yang berhasil memukau para pengunjung F8 mendapat pujian langsung dari Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin menyampaikan bahwa penampilan yang luar biasa ini menunjukkan profesionalisme dan keterampilan tinggi dari para penerbang TNI AU. “Para penerbang yang melaksanakan demo udara di Festifal F8 ini sebelumnya telah berlatih keras untuk memberikan pertunjukan yang terbaik bagi masyarakat Makassar yang hadir di Festival F8,” ungkapnya.

Festival F8 digelar selama lima hari dari tanggal 24 s.d. 28 Juli 2024,  dengan mengusung tema The Unity dimana dalam festival F8 tahun 2024 menampilkan keanekaragaman budaya yang ada di Sulawesi Selatan mulai dari Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *