Cara Mudah Cek Bansos Kemensos Melalui HP, Anti Ribet ‎

Pada Tahun Anggaran 2023, Kemensos mendapat jatah anggaran mencapai Rp78 triliun.

Headline, Konten49 Views

Channel Indonesia – Pada Tahun Anggaran 2023, Kemensos mendapat jatah anggaran mencapai Rp78 triliun. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan, sebagian besar anggaran tersebut akan dialokasikan untuk belanja bantuan sosial yang akan langsung diserahkan kepada penerima manfaat. Pada bulan November 2023 ini, pemerintah Indonesia melalui Kemensos akan kembali mencairkan dana bansos.

Di bulan ini, terdapat beberapa jenis bansos yang akan cair, di antaranya BLT Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Indonesia Pintar (PIP), Beras 10 Kg, Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 400 ribu untuk dua bulan, yaitu November-Desember 2023, dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Adapun bansos tersebut diberikan kepada individu, keluarga, atau kelompok masyarakat yang kurang mampu. Selain itu, bantuan sosial ini juga disalurkan untuk memberi dukungan agar mereka dapat menghadapi tantangan ekonomi.

Masyarakat dapat mengecek terlebih dahulu apakah dirinya masuk dalam daftar penerima BLT ini.  Cara cek bansos ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan cara cek penerima bansos PKH ini bisa dilakukan melalui smartphone.

Cara Mudah Cek Bansos Kemensos Melalui HP
A. Melalui Laman Resmi Kemensos

Cara untuk mengecek bansos dapat dilakukan melalui laman resmi Kemensos. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  1. Pastikan smartphone telah terhubung dengan internet, kemudian kunjungi laman resmi Kemensos pada HP yang digunakan. Atau juga dapat mengunjungi tautan ini https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Setelah itu, masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan sesuai dengan KTP
  3. Selanjutnya masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
  4. Lalu tulis ulang kose Captcha yang terdapat dalam kotak kode Captcha.
  5. Terakhir kli pada tombol cari data.
  6. Selesai, hasil pencarian penerima bantuan akan muncul di layar HP yang digunakan.

Jika terdaftar sebagai penerima bansos, maka pada layar akan muncul nama penerima, umur, jenis bansos, dan status penyaluran bansos.

B. Menggunakan Aplikasi Cek Bansos Kemensos dengan HP

Selain melalui situs resmi Kemensos, cek bansos juga dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos. Berikut langkah-langkahnya

  1. Hal yang harus dilakukan adalah mengunduh ataupun menginstal aplikasi Cek Bansos di Play Store atau App Store di perangkat smartphone yang dimiliki.
  2. Jika aplikasi Cek Bansos telah selesai diunduh, buka aplikasi tersebut
  3. Lalu login ataupun masuk dengan menggunaka akun yang telah terdaftar sebelumnya. Dan jika belum memiliki akun, silakan melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu
  4. Jika telah berhasil melakukan proses login, lanjut dengan masuk ke menu Penerima Bansos
  5. Lalu, tentukan wilayah penerima sesuai domisili, diantaranya dengan melengkapi Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Kelurahan atau Desa sesuai alamat KTP.
  6. Setelah itu, masukkan nama penerima sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  7. Terakhir klik tombol cari
  8. Data mengenai data penerima bansos akan muncul di layar HP yang digunakan

Dan jika terdaftar sebagai penerima bansos, maka pada layar akan muncul nama penerima, umur, jenis bansos, dan status penyaluran bansos.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *