Seblak Makanan Kesukaan Masyarakat, Seperti Apa Seblak Yang Asli?

Seblak menjadi makanan kesukaan masyarakat, namun bagaimana wujud seblak yang asli

Headline, Konten83 Views

Channel Indonesia –  Seblak makanan asal Sunda ini tengah digandrungi oleh masyarakat, makanan yang diperkenalkan kembali oleh Rafael pentolan SMASH seblak versi kerupuk mawar atau seblak cobek yang kini menjadi kesukaan masyarakat.

Makanan yang memiliki ciri khas pedas dengan rasa kencur dan bawang putih yang cukup kuat ini sebenarnya sudah cukup lama ada. makanan ini juga telah dikenal sebagai salah satu sajian khas Sunda yang kerap dijajakan di pinggir jalan.

Sebenarnya bagaimana tampilan asli seblak?

Seblak berbahan dasar kerupuk yang direbus jadi lembek dan basah. Pada kemunculan awalnya, seblak tak memiliki topping atau pelengkap seperti yang banyak dijual di Jakarta dan kota lainnya.

Bahkan sampai sekarang, seblak yang banyak dijajakan di daerah Sunda seperti Garut, Jatinangor, Cimahi, hingga Bandung juga masih memiliki tampilan kerupuk lembek yang dimasak dengan sambal tanpa topping apapun. Jika harus ada topping, biasanya hanya telur yang telah diorak-arik bersama bumbu.

Seblak juga tak berkuah. Hanya, teksturnya agak basah dari kerupuk yang jadi lembek setelah direbus dan dimasak kembali dengan bumbu. Rasanya juga dominan kencur, pedas cabai rawit dan bawang putih. Saat dimakan, seblak juga akan sedikit kenyal gara-gara adonan tepung dari kerupuk yang kembali basah.

Dari mana munculnya seblak?
Lihat Juga :
[img-title]
Cara Membuat Seblak Kuah Pedas, Komplet dengan Ceker dan Bakso

Memiliki rasa gurih, pedas, dan asin membuat popularitas seblak kian meroket. Meski begitu, tak ada catatan pasti kapan makanan ini pertama kali muncul dan siapa yang mencetuskan idenya.

Walau demikian, sebagaimana dilansir Detik, asal-usul seblak ini mungkin bermula dari makanan di Garut yakni kerupuk leor. Leor jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya lemas. Berarti makanan kerupuk leor di Garut adalah kerupuk lemas.

Bisa jadi, dari sini jugalah ide seblak muncul. Sebab, kerupuk leor juga berbahan dasar kerupuk yang direbus hingga lemas.
Lihat Juga :
[img-title]
Usai Cewek Bumi, Cewek Kue, Cewek Mamba, Kini Muncul Cewek Seblak

Seblak sendiri asal katanya adalah nyeblak dari bahasa Sunda yang artinya kaget atau mengagetkan. Seblak bisa berarti sebagai makanan yang mengagetkan karena bentuknya yang unik dan rasa pedas yang muncul ketika disantap.

Terlepas dari keunikannya itu, seblak memang disukai banyak orang. Entah itu yang sudah dimodifikasi menjadi berkuah dengan campuran bakso, sayur, seafood, bahkan mi, atau seblak otentik yang isinya hanya kerupuk yang sudah direbus dan diberi bumbu kencur, semuanya tetap disukai masyarakat.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *